Pemilu 2019

Pernyataan Saksi Parpol di Bangka Selatan Tuai Kontroversi Soal Selisih Satu Suara

Kontroversi karena surat suara Partai Politik (Parpol) saat berlangsungnya proses rekapitulasi penghitungan suara Pileg dan Pilpres Pemilu 2019.

Pernyataan Saksi Parpol di Bangka Selatan Tuai Kontroversi Soal Selisih Satu Suara
Bangka Pos / Anthoni Ramli
Rekapitulasi penghitungan suara di PPK Toboali, Minggu (21/4/2019) 

BANGKAPOS.COM - " Bagaimana kalau satu suara itu kita berikan dan coblos partai yang tidak memiliki suara biar adil," cetus satu dari beberapa saksi yang menghadiri rekapitulasi penghitungan perolehan suara Dapil 1 Toboali, di Kantor Koni Bangka Selatan, Minggu (21/4/2019) siang

Sontak pernyataan saksi parpol yang mengenakam kacamatan itu menuai kontroversi dari saksi lain dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Toboali dan Bawaslu yang bertugas pada saat itu.

Tak berapa lama, Ketua PPK Toboali Sali mengambil mikrofon dan mengatakan solusi dan pernyataan saksi tetsebut menyalahi aturan perundang undangan.

Ditegaskan Sali, agar perselisihan satu suara tersebut tidak menimbulkan polemik, dirinya pun meminta satu per satu surat suara di bongkar.

"Jangan pak, itu menyalahi aturan. Mending biar clear dan fair. Kita bongkar satu satu kota suaranya disaksikan seluruh saksi yang hadir, " tegas Sali.

Kontroversi tersebut menyusul temuan lebihnya surat suara Partai Politik (Parpol) saat berlangsungnya proses rekapitulasi penghitungan suara Pileg dan Pilpres Pemilu 2019.

(Bangka Pos / Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved