Mengenal Tokoh Dunia William Randolph Hearst, Raja Media Sang Master Berita Palsu

William Randolph Hearst dikenal sebagai seorang jenius media yang pengaruhnya meluas dalam bidang penerbitan, politik, Hollywood dan dunia seni.

Mengenal Tokoh Dunia William Randolph Hearst, Raja Media Sang Master Berita Palsu
Biography
William Randolph Hearst. 

BANGKAPOS.COM - William Randolph Hearst dikenal sebagai seorang jenius media yang pengaruhnya meluas dalam bidang penerbitan, politik, Hollywood, dunia seni, dan bahkan kehidupan sehari di AS.

Menerbitkan perusahaan surat kabar Amerika terbesar di akhir abad ke-19, dia mempromosikan " jurnalisme kuning" yang sensasional.

Kehadiran berita palsu diyakini berakar dari apa yang telah dilakukan Hearst ketika diberikan San Francisco Examiner oleh ayahnya, George, seorang miliarder dan senator AS.

Kehidupan awal

Sebelum mendominasi jurnalisme hampir selama setengah abad, William Randolph Hearst lahir di San Francisco, California, pada 29 April 1863. Dia adalah putra tunggal dari George Hearst dan Phoebe Apperson Hearst.

Ayahnya merupakan pemilik tambang emas yang bertransformasi menjadi miliarder dan senator AS dari California (1886-1891).

William muda menempuh pendidikan sekolah swasta dan kerap mengikuti perjalanan ke Eropa.

Selama dua tahun, dia belajar di Harvard College sebelum akhirnya dikeluarkan karena menggelar pesta bir besar-besaran di Harvard Square dan membuat ulah terhadap para profesor.

Meski demikian, dia sempay menjabat sebagai editor untuk Harvard Lampoon. Selama berada di sana, dia begitu terinspirasi oleh surat kabar New York World dan penerbitnya, Joseph Pulitzer.

San Francisco Examiner

Pada 1887, dia mengambil kendali dari media yang sedang berjuang untuk bangkit, San Francisco Examiner, yang dibeli ayahnya pada 1880 untuk alasan politik.

Sebagai editor, William mengadopsi sistem peliputan berita yang sensasional, yang kemudian dikenal dengan "jurnalisme kuning".

Halaman
1234
Editor: tidakada016
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved