Update Smartphone

CARA Mudah Backup Data Smartphone ke Google Drive, Patut Dicoba!

Saat ini smartphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dalam menunjang berbagai aktivitas hariannya.

CARA Mudah Backup Data Smartphone ke Google Drive, Patut Dicoba!
infokomputer.grid.id
Ilustrasi Backup Data di Cloud 

BANGKAPOS.COM - Saat ini smartphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dalam menunjang berbagai aktivitas hariannya.

Bahkan, smartphone sudah menjadi salah satu tempat menyimpan file penting kita, entah itu file pekerjaan, musik, atau foto dan video indah penuh kenangan. 

Namun ada satu hal penting yang sering dilupakan pengguna, yaitu melakukan pencadangan alias backup dari file yang ada di dalam smartphone.

Alhasil, ketika smartphone rusak atau hilang, semua file penting itu pun ikut lenyap secara permanen.

Agar terhindar dari kejadian “mengerikan” seperti itu, tentunya Anda harus selalu backup file yang ada di dalam smartphone Anda.

Salah satu tempat ideal mencadangkan file di smartphone adalah di cloud, karena layanan cloud relatif andal, mudah digunakan, dan banyak tersedia secara gratis.

Jika Anda ingin mencadangkan file ke cloud, aplikasi AutoSync for Google Drive bisa menjadi pilihan menarik.

Pasalnya, aplikasi ini akan melakukan backup secara otomatis, tanpa Anda harus rutin melakukan backup.

Seperti tercermin dari namanya, aplikasi ini akan mencadangkan file ke Google Drive .

Namun sang developer, MetaCtrl, juga menyediakan aplikasi backup untuk Microsoft One Drive dan Dropbox. Jadi, Anda bisa memilih layanan cloud favorit Anda.

Nah, berikut ini adalah cara melakukan backup dengan AutoSync for Google Drive.
  1. Pastinya Anda terlebih dahulu mengunduh aplikasi AutoSync for Google Drive di Play store.
  2. Buka aplikasi dan kemudian tekan ‘Connect to Google Drive’ untuk menyinkronisasikan dengan Google Drive milik Anda. Pada tahap ini, jika akun Gmail sudah terhubung dengan smartphone Anda, maka cukup meng-klik alamat gmail Anda yang muncul ditampilan pada aplikasi.
  3. Langkah selanjutnya yaitu meng-klik ‘Choose What to Sync’, di mana aplikasi akan meminta izin untuk mengakses ruang penyimpanan di smartphone Anda. Untuk itu, Anda dapat langsung saja meng-klik ‘OK’.
  4. Selanjutnya, pilih “Let me create my own folder pair”. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memilih/membuat folder di Google Drive dan di smartphone, untuk nantinya digunakan sebagai tempat penyimpanan data-data Anda. Selain itu, pada tahap ini Anda juga bisa mengatur metode sinkronasi dan mengatur pengaktifan sinkronisasi.
  5. Setelah selesai, Anda bisa meng-klik “Save” dan akan diarahkan menuju halaman beranda DriveSync Anda. Di halaman ini, Anda bisa mengetahui segala aktivitas sinkronisasi Anda yang terhubung dengan Google Drive. Contohnya seperti Status, Sync History, dan Synced Folders.
 
Ilustrasi AutoSync for Google Drive (1)

Ilustrasi AutoSync for Google Drive

Dengan aplikasi ini, setiap file baru di dalam akun Google Drive Anda secara otomatis diunduh ke perangkat Anda. Dan file baru di dalam perangkat Anda akan diunggah. Jika Anda menghapus suatu file di satu lokasi, file yang sama di lokasi lainnya juga akan ikut terhapus. 

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved