Berita Bangka Selatan

Satgas Pangan Gelar Sidak, Harga Bawang Putih yang Sempat Meroket Kembali Stabil

Sidak ini menyusul, kelangkaan serta meroketnya harga jual bawang putih, mulai dari tingkat distributor

Satgas Pangan Gelar Sidak, Harga Bawang Putih yang Sempat Meroket Kembali Stabil
Bangkapos/Antoni
Satgas Pangan yang melibatkan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) dan Reskrim Polres Bangka Selatan, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar pelataran (pasar pagi) Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (10/5/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Satgas Pangan yang melibatkan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) dan Reskrim Polres Bangka Selatan, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar pelataran (pasar pagi) Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (10/5/2019)

Sidak ini menyusul, kelangkaan serta meroketnya harga jual bawang putih, mulai dari tingkat distributor hingga ke pedagang pengecer.

Kabid Pangan DPPP Basel, Fitria memastikan saat ini stok dan harga jual bawang putih mulai stabil.

Sebelumnya harga jual bawang putih di pasar pagi Toboali mencapai Rp 80.000 perkilogram.

Namun dari harga beberapa sempel pedagang, bawang putih jual dengan harga Rp 50.000 sampai Rp 52.000 perkilogram.

" Dari hasil sidak tadi, harga jual bawang putih ditingkat pengecer mulai dari lima puluh sampai lima puluh dua ribu perkilogramnya.

Dari hasil sidak kami tadi pun, stok bawang putih sudah cukup banyak," ujar Fitria, Jumat (10/5/2019).

Tak hanya bawang putih, namun Jumat (10/5/2019) harga daging sapi, ayam dan cabai keriting merah di pasar Pelataran (Pasar Pagi) Toboali, juga relatif stabil.

Kabid Pangan DPPP Basel Fitria, mengatakan dari pendataan pihaknya, harga daging sapi khas diangka Rp 130.000 perkilogram. Sementara cabai merah keriting di harga Rp 35.000 sampai Rp 40.000 perkilogram.

Sementara daging ayam potong diangkar Rp 36.000 sampai Rp 38.000 perkilogram. Menurut Fitria, kenaikan harga bawang putih kemarin, dikarenakan tingginya permintaan pasar. Sementara, pasokan terbatas.

Salah satunya, jelang perayaan tradisi ruahan dan memasuki bulan ramadan.

" sekarang harga daging sapi, ayam dan cabai merah keriting juga relatif normal. Kenaikan kemarin dipicu, tingginya permintaan mulai dari sebelum ruahan dan menjelang ramadan kemarin," ujar Fitria.(*)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved