VIDEO: Mandi Buddha Rupang, Ritual Penyucian Diri Pada Perayaan Tri Suci Waisak

Mandi Buddha Rupang dalam prosesi Tri Suci Waisak merupakan bagian dari kegiatan dalam peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak

BANGKAPOS.COM -- Mandi Buddha Rupang dalam prosesi Tri Suci Waisak merupakan bagian dari kegiatan dalam peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak.

Ritual memandikan patung Buddha ini merupakan simbol pembersihan dan penyucian diri lahir batin.

Pandita, Suni Yanti mengatakan memandikan Buddha Rupang bermakna mensucikan hati dan pikiran seperti Budha yang penuh kasih hatinya. Selain itu juga membersihkan ego dan dendam kita.

Selain memiliki makna yang mendalam di pemandian patung Buddha Rupang, Suni Yanti dihadapan umat juga mengatakan tujuan pelaksanaan perayaan Tri Suci Waisak kali ini merupakan mendoakan sesama bangsa Indonesia agar aman, damai, tentram dan bahagia.

"Bersama-sama kita berdoa agar pemimpin-pemimpin kita semakin bijaksana dalam memimpin Indonesia, agar masyarakat Indonesia lebih harmonis, agar setiap orang memiliki kebijaksanaan dan selalu berpikir positif, sehingga setiap orang dapat hidup bahagia, ini adalah tujuan kita merayakan Tri Suci Waisak," ujar Pandita Suni Yanti usai melaksanakan prosesi mandi Buddha Rupang di halaman depan Vihara Citra Maitreya, Kota Pangkalpinang, Minggu (19/5/2019).

Ditambahkan Pandita Suni Yanti, selain melakukan prosesi pemandian Buddha Rupang, rangkaian Tri Suci Waisak juga memberikan bantuan kepada panti jompo berupa sembako dan buka puasa bersama dengan anak-anak Panti Asuhan Baiturahman, Parit Lalang yang akan digelar pada tanggal 24 Mei 2019 mendatang, dengan maksud pelaksanaan itu adalah agar bisa bersama-sama tanpa membedakan agama. (Bangka Pos/Resha Juhari)

Penulis: Resha Juhari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved