Berita Pangakalpinang

Andikpas LPKA Pangkalpinang Isi Bulan Ramadan Dengan Pesantren Kilat

Sebanyak 31 andikpas Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang mengisi bulan Ramadan dengan mengikuti pesantren kilat.

Andikpas LPKA Pangkalpinang Isi Bulan Ramadan Dengan Pesantren Kilat
Bangkapos.com/Irakurniati
Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang mengikuti kegiatan pesantren kilat, Jumat (24/5/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Sebanyak 31 anak didik pemasyarakatan (andikpas) Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang mengisi bulan Ramadan dengan mengikuti pesantren kilat. Kegiatan ini memang kerap diadakan saat momentum hadirnya bulan puasa.

Namun berbeda dengan Ramadan sebelumnya, pesantren kilat ini turut bekerja sama dengan Konsulat Bangka belitung Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Diketahui pondok pesantren ini merupakan satu diantara tempat terbanyak mencetak generasi-generasi islami terbaik di Indonesia.

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Suyatno, menuturkan, pesantren kilat dijadikan sebuah program pembinaan kepribadian bagi andikpas untuk meningkatkan kualitas wawasan dan pengetahuan ilmu agama. Dia mengatakan, perlunya kegiatan keagamaan ini untuk pencerahan hati dan siraman rohani bagi andikpas sehingga dapat memperbaiki diri dimulai dari hal-hal yang terkecil dalam kehidupan sehari-hari.

"terima kasih rombongan konsulat atas terlaksana nya kegiatan ini. Kegiatan ini sangat membantu, terutama bagi andikpas yang awalnya tidak paham ilmu agama menjadi paham ilmu agama, kemudian dapat mengubah karakter dan pola pikir andikpas menjadi lebih baik. Tak kalah pentingnya dengan kegiatan ini andikpas dapat termotivasi dalam hal perbaikan akhlak, Ilmu dan adab dan juga perbaikan keimanan dan ketakwaan kepada sang Pencipta," jelas Suyatno kepada bangkapos.com, Jumat (24/5/2019).

Dia berharap kegiatan ini terus berlanjut tak hanya dibulan Ramadan saja. Tetapi menjadi kegiatan keislamanan yang dirutinkan setiap waktu.

Sementara, satu diantara andikpas yang mengikuti kegiatan ini, AL, berharap momentum Ramadan dengan diisi kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan lebih mengenai keislaman. "Kami bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, makin bertambah ilmu agama kami," katanya.

Kegiatan pesantren kilat ini mengusung tema "Bersama Ramadan Meraih Bintang" dimaknai dengan bulan Ramadan andikpas ditempa untuk belajar dan berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Materi-materi yang diberikan berupa hafalan hadist, bahasa Arab dan Inggris. Selain itu mereka juga diajari kajian ilmu Fiqih, cara berwudhu dan diselingi dengan permainan atau game yang bernuansa islami.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved