Sudah Dapat Tempat Kuliah? Ada 2.150 Perguruan Tinggi, Kampusmu Rangking Berapa, Ini Daftarnya

Sudah Dapat Tempat Kuliah? Ada 2.150 Perguruan Tinggi, Kampusmu Rangking Berapa, Ini Daftarnya

Sudah Dapat Tempat Kuliah? Ada 2.150 Perguruan Tinggi, Kampusmu Rangking Berapa, Ini Daftarnya
Webometrics
10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics 

BANGKAPOS.COM -- Apakah tempat kuliah mu merupakan perguruan tinggi unggulan? Rangking berapa perguruan tinggi tempat kamu kuliah nanti?

Saat ini sebagian besar siswa tamatan sekolah menengah atas (SMA) sederajat telah mendapatkan tempat kuliah. Meski beberapa saat ini masih berburu kampus terbaik untuk mereka.

Sebelumnya, perguruan tinggi telah membuka secara luas penerimaan mahasiswa baru.

Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan kebijakan.

Kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan,fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Untuk itu mulai tahun 2019 Kemenristekdikti akan memberlakukan kebijakan di bidatng seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pola seleksi masuk PTN tahun 2019 tetap akan dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu, yakni SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri,..

Pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan dua materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik. Mulai tahun mendatang metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan dan UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan (masih dikembangkan).

Saat ini tahapan rekrutmen tersebut hampir selesai seluruhnya.

Namun bagi siswa yang tak berhasil masuk perguruan tinggi negeri, kampus-kampus swasta tentu saja tak kalah bersaing.

Halaman
1234
Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved