Berita Bangka Tengah

Bupati Kaget di Bangka Tengah Ada 58 IUP Swasta

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengaku kaget ketika mengetahui ada 58 IUP swasta di Bangka Tengah

Bupati Kaget di Bangka Tengah Ada 58 IUP Swasta
Dokumen Bangka Pos
Rapat pembahasan raperda RZWP3K. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengaku kaget ketika mengetahui ada 58 Izin Usaha Pertambangan (IUP) swasta di Bangka Tengah. ia tidak mengetahui siapa yang mengeluarkan IUP tersebut.

"Kami terkejut juga, kapan dikeluarkan itu, siapa yang mengeluarkan, yang jelas buka kewenangan kami yang mengeluarkan itu," ujar Ibnu, Jumat (2/8) kepada bangkapos.com

Sehingga Ibnu mengatakan dalam rapat jika ia dan pihaknya akan memulai untuk mengkaji terlebih dahulu IUP tersebut. Ibnu juga menambahkan jika jumlah IUP swasta di Bangka Tengah mencapai 58 IUP.

Ibnu baru mengetahui hal tersebut ketika ia hadir dalam pembahasan raperda RZWP3K, di ruangan badan musyawarah (Banmus) kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Ketua Pansus RZWP3K Adet Mastur pada saat pembahasan raperda RZWP3K, Jumat (2/8) di kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengatakan jika untuk kabupaten Bangka Tengah terdapat tiga kesimpulan hasil pembahasan.

Pertama adalah pansus menerima usulan Kabupaten Bangka Tengah sebanyak sembilan poin usulan, kedua pemda Bangka Tengah akan mengevaluasi ulang terhadap Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Bangka Tengah, khusunya IUP swasta.

Dan informasi terbaru dari evaluasi tersebut akan disampaikan pemda Bangka Tengah, paling lambat pekan depan atau tanggal (9/8/2019).

Dan yang terakhir berkaitan dengan IUP PT Timah yang akan berbenturan dengan rencana Bangka Tengah yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), khususnya di daerah Tanjung Gunung, pansus akan mengadakan rapat konsultasi dan koordinasi dengan kemenstrian ESDM.

"Jadi ada tiga kesimpulan yang kita putuskan pada hari ini, untuk Bangka Tengah," ujar Adet, Jumat (2/8) seusai rapat.

Adet menambahkan jika di Kabupaten Bangka Tengah ada total 60 IUP dengan rincian 58 IUP swasta dan 2 IUP PT Timah.

(bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved