Resep Sedap

Tips Membuat Bakso yang Enak dan Tidak Amis, Simak Caranya

Langkah-langkah untuk membuat baksonya adalah beli daging bakso bagian has dalam yang masih segar. Kemudian potong kecil-kecil supaya memudahkan untuk

Tips Membuat Bakso yang Enak dan Tidak Amis, Simak Caranya
Bangkapos.com
Bakso daging sapi 

BANGKAPOS.COM -- Menjelang Idul Adha banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai momen kebersamaan bersama keluarga. Saat kumpul-keluarga tidak lengkap jika tidak ada makanan, satu di antaranya adalah bakso.

Siapa yang tidak kenal dengan makanan sejuta umat ini? Namun, apakah anda tahu cara membuatnya? Tim bangkapos.com sudah mengunjungi salah satu tempat bakso terkenal di Kota Pangkalpinang.

Mereka mengungkapkan cara membuat bakso yang enak, kenyal, dan tidak bau amis.

"Perbandingan daging dan sagu adalah 5:1. Jadi setiap lima kg daging memakai satu kg sagu. Biar dagingnya masih kerasa," katanya.

Untuk mengenyalkan baksonya sendiri ada rahasianya. Mereka memakai bubuk pengenyal yang dibeli dari toko langganan mereka. 

Langkah-langkah untuk membuat baksonya adalah beli daging bakso bagian has dalam yang masih segar. Kemudian potong kecil-kecil supaya memudahkan untuk digiling.

Lalu tambahkan bawang putih, lada, garam, telur, dan bawang merah. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam satu wadah. Setelah menjadi satu wadah, sediakan sagu secukupnya lalu berikan kepada tukang giling.

"Nanti saat digiling biasanya dicampur dengan es batu biar lebih enak untuk dicetak jadi bulatan bakso," tambahnya.

Ditemui terpisah, Jek, tukang giling daging di Pasar Induk Pangkalpinang memberikan tips bagaimana supaya adonan bakso tidak amis.

"Diberi irisan tipis daun sop sedikit saja," kata Jek. Daun sop akan meminimalisir bau amis dari daging.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba membuat bakso sendiri? (cr1)

Tags
Bakso Sapi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved