Berita Pangkalpinang

KNPI Babel Berhasil Promosikan Wisata Kepulauan Pongok Lewat Parade Perahu Bagan

KNPI Provinsi Bangka Belitung berhasil mempromosikan wisata bahari kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

KNPI Babel Berhasil Promosikan Wisata Kepulauan Pongok Lewat Parade Perahu Bagan
IST/DPD KNPI Babel
Parade perahu nelayan yang digelar KNPI Babel di perairan Pongok, Jumat (16/8/2019) lalu. 

BANGKAPOS.COM-- KNPI Provinsi Bangka Belitung berhasil mempromosikan wisata bahari kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan lewat kegiatan Parada perahu Bagan, Jumat (16/8/2019).

Kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 74 diikuti  sebanyak 80 unit perahu yang dihiasi dengan pernak-pernik bernuansa merah putih. Para peserta beraksi melintasi wilayah perairan Pongok. 

Ketua DPD KNPI Babel, Muhammad Irham menjelaskan rangkaian kegiatan parade perahu bagan selain untuk memeriahkan HUT RI ke 74, kegiatan yang di inisiasi oleh DPD KNPI Babel ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata bahari di Kepulauan Pongok, yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat luar.

“Kegiatan ini dalam rangka promosi wisata daerah dan juga perayaan HUT RI ke 74. Kita dari KNPI berinisiatif untuk mendukung program pemerintah mengembangkan porensi wisata," jelas Ketua KNPI Babel, Muhammad Irham, Senin (19/8/2019).

Irham menjelaskan saat  parade, masyarakat dan tamu undangan dari berbagai instansi ikut naik ke perahu nelayan, agar mereka ikut menikmati keindahan laut Pongok, sekaligus mengajak menjaga kealamian laut, yang selama ini menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Lebih lanjut Irham mengisahkan selain di perairan, di  Pelabuhan Pongok, berbagai perlombaan unik seperti lomba bekayau, dayung ketok, gebuk bantal hingga panjat pinang, menjadi hiburan menarik bagi warga setempat yang mayoritas berpropesi sebagai nelayan.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, juga di isi dengan seleksi duta wisata dan sejumlah kegiatan lainnya.

Ketua Umum DPP KNPI, Haris, mengaku bangga dengan keasrian alam di pulau Pongok yang menurutnya sangat berpotensi untuk dikembangkan industri pariwisata.

“Acaranya sangat bagus dimana antara masyarakat dengan pemuda sangat menyatu, apalagi dilaksanakan ditempat yang mungkin jarang dikunjungi kebanyakan orang di Indonesia,” kata Haris.
“Disini juga ada wisata baharinya yang sangat luar biasa, yang oleh KNPI Babel ingin dijadikan salah satu destinasi wisata di Babel,” ungkap Haris.

Warga Pongok sangat antusias mengikuti acara dan mengharapkan rutin dilakukan setiap tahun.
“Bagi kami masyarakat Pongok ini adalah suatu kejutan dan gebyar besar yang tidak disangka sehingga masyarakat sangat terhibur. Semoga ini berkelanjutan, karena masih banyak potensi alam yang bisa dikembangkan,” ungkap tokoh masyatakat Pongok, Kamaludian. (Bangkapos.com/Respileba)

Penulis: tidakada013
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved