Antisipasi Gagal Panen, Air Dari Kolong Pumpung Akan Dialirkan ke Rias

Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel dan Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung turun menyikapi ancaman kekeringan

Antisipasi Gagal Panen, Air Dari Kolong Pumpung Akan Dialirkan ke Rias
bangkapos.com/anthoni Ramli
Kepala DPPP Basel, drh Suhadi 

Antisipasi Gagal Panen, Air Dari Kolong Pumpung Akan Dialirkan ke Rias

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel dan Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung turun menyikapi ancaman kekeringan sawah di desa Trans Rias SPA, Toboali, Kamis (22/8/2019) kemarin.

Kepala DPPP Basel, drh Suhadi mengatakan pertemuan dihadiri perangkat desa serta Gapoktan Sepakat Jaya yang mewadahi seluruh kelompok tani Rias.

Menurutnya ada beberapa langkah yang diambil pemerintah mengantisiapasi ancaman kekeringan tersebut.

satu di antara langkah jangka pendeknya dengan memindahkan pompa yang berada di kolong Pumpung, untuk dipindahkan ke kawasan Trans Rias SPA. Selain itu, membuat bendungan disekitar area saluran sawah.

"Langkah langkahnya sudah kami bicarakan bersama tim dari provinsi, paling tidak bisa ditanggulangi saat kemarau. Untuk jangka pendeknya, menampung aliran air dari pumpung untuk dialihkan ke saluran pembawa menuju ke arah rias SPA. kemarin sepakat membuat saluran di bendung sedikit, sehingga nanti bisa disedot ke atas sawah warga," ujar Suhadi, Jumat (23/8/2019)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved