Berita Pangkalpinang

PLN Berencana Bangun PLTU Baru 2 X 50 MW, Saat Ini Proses Pembebasan Lahan

Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) kapasitas 2 x 50 MW di kawasan Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

PLN Berencana Bangun PLTU Baru 2 X 50 MW, Saat Ini Proses Pembebasan Lahan
Bangkapos.com/Edwardi
General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIW Bangka Belitung, Abdul Muchlis 

BANGKAPOS.COM-- General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIW Bangka Belitung, Abdul Muchlis mengatakan PLN ke depan merencanakan membangun lagi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) kapasitas 2 x 50 MW di kawasan Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

"Saat ini kita sedang melakukan tahap pembebasan lahan di daerah Air Anyir juga, kita targetkan dalam tiga tahun ke depan," kata Abdul Muchlis, Jumat (23/08/2019).

Diungkapkannya, mengapa ditargetkan tiga tahun ke depan, karena PLN harus efisien.

"Kita lihat beban kebutuhan listrik sekarang ini untuk Babel masih cukup, namun beberapa tahun ke depan kebutuhan listrik ini bebannya akan terus meningkat sehingga kita perlu mempersiapkannya dari sekarang ini, minimal persiapan lahannya sudah ada," ungkap Abdul Muchlis.

Diungkapkannya, kapasitas mesin pembangkit PLTU Air Anyir saat ini 2 x 30 MW hanya mensuplai sekitar 35 persen kebutuhan daya listrik maksimal di Pulau Bangka.

"Untuk sumber-sumber pembangkit listrik lainnya selain PLTU Air Anyir, yakni kita juga memiliki PLTG Air Anyir, namun saat ini memang belum tersedia gas di Bangka sehingga dioperasikan dengan HSD (High Speed Diesel)," jelasnya.

Selain itu PLN juga memiliki pembangkit listrik tenaga biomassa/biogas di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat dan PLTD Merawang Kabupaten Bangka dengan bahan bahan B20, yakni campuran bahan bakar 20 persen CPO dan 80 persen solar.

"Saat ini kita juga sedang ujicoba mesin Allen yang menggunakan bahan bakar 100 persen CPO (Crude Palm Oil). Mudah-mudahan ujicoba ini bisa berhasil karena CPO inikan bisa kita beli didini, kalau HSD itu harus diimpor," jelas Abdul Muchlis.  (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved