Berita Pangkalpinang

Peringati PRB Nasional, BPBD Babel Terima Bibit Tanaman dari Daerah untuk Kelekak Nusantara

Pelaksanaan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tingkat Nasional 2019 yang akan dilaksanakan 11 hingga 13 Oktober mendatang

Peringati PRB Nasional, BPBD Babel Terima Bibit Tanaman dari Daerah untuk Kelekak Nusantara
Bangkapos.com/Zulkodri
Kepala Badan Penangulangan Bencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa ketika memperlihatkan bibit endemik dari Yogyakarta yang akan ditanam di Kelekan Nusantara dalam rangkaian kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2019 di Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, Pelaksanaan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Tingkat Nasional 2019 yang akan dilaksanakan 11 hingga 13 Oktober mendatang kesiapannya sudah 95 persen, Rabu (09/10/2019).

Pihaknya selaku panitia pelaksana terus melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak agar event nasional ini dapat berjalan sukses.

"Persiapan kita sudah 95 persen. Selain tamu dari BNPB pusat, juga hadir lima Gubernur, 15 Walikota dan 20 Bupati. Infonya Pangdam II Sriwijaya Mayjend TNI Irwan juga hadir. Purnawirawan Jendral Gatot Nurmantyo juga hadir pada acara kegiatan pramuka, 11 Oktober nanti," jelas Mikron Antariksa.

Event lokal yang dipersiapkan Bangka Belitung untuk mensukseskan bulan PRB Nasional Tahun 2019 adalah Kampanye PRB se-Sumatera, rally PRB dan fieldtrip, jambore komunitas, akulturasi budaya dan wisata (nganggung), kelekak nusantara dan fun walk.

"Untuk pameran kita sediakan 100 stand untuk komunitas, maupun instansi pemerintah terkait kebencanaan serta BPBD provinsi seluruh Indonesia," ujarnya.

Sedangkan sebagai ikon Kelekak Nusantara lanjut Mikron sudah datang bibit pohon dari Yyogyakarta dan Sulawesi. Besok datang dari Padang dan Bengkulu.

Menurut Mikron, Kelekak Nusantara menjadi salah satu event yang sangat sesuai dengan tema bulan PRB Nasional Tahun 2019, yaitu “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi,”.

Kelekak Nusantara mengusung konsep dimana masing-masing provinsi akan menanam pohon endemik di Bangka Belitung yang berasal dari daerahnya masing-masing.

"Kelekak Nusantara ini kita meminta kepada seluruh BPBD untuk mengirim 10 Bibit pohon setiap provinsi. Totalnya ada 340 bibit yang nantinya akan kita tanam di Mangkol Bangka Tengah yang dijadikan Kelekak Nusantara," Ungkap Mikron. (Bangkapos.com/Zulkodri)

Penulis: zulkodri
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved