Kabupaten Belitung

Kabupaten Belitung terletak di Pulau Belitung yang berada di bawah naungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letak geografis Kabupaten Belitung

Kabupaten Belitung
Google Map
Peta Pulau Belitung 

Kabupaten Belitung

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabupaten Belitung terletak di Pulau Belitung yang berada di bawah naungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Letak geografis Kabupaten Belitung ini tentu sangat stragtegis, lantaran berada di lajur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Kabupaten Belitung pula, sangat dekat dengan DKI Jakarta yang merupakan Ibu Kota Republik Indonesia. Apabila menggunakan pesawat, hanya menempuh penerbangan sekitar 45 menit saja.

Pulau ini, berada di antara Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Sehingga terbilang sangat strategis, apalagi pulau yang memiliki pantai berpasir putih ini, memiliki destinasi yang luar biasa.

Berikut letak geografis Kabupaten Belitung (Pulau Belitung) :

Peta Kabupaten Belitung
Peta Kabupaten Belitung (istimewa)

1. Letak Geografis

Secara geografis Kabupaten Belitung terletak antara 107°08' BT sampai 107°58' BT dan 02°30' LS sampai 03°15' LS dengan luas seluruhnya 229.369 ha atau kurang lebih 2.293,69 km2.

Luas Wilayah Daratan Menuju Kecamatan.
Luas Wilayah Daratan Menuju Kecamatan. (istimewa)

* Pada peta dunia Pulau Belitung dikenal dengan nama BILLITONIT yang bergaris tengah Timur-Barat + 79 km dan garis tengah Utara-Selatan + 77 km. Dengan batas wilayah sebagai berikut :

- Sebelah Utara berbatasan dengan laut Cina Selatan
- Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Belitung Timur
- Sebelah Selatan berbatasan dengan laut Jawa
- Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Gaspar

Kabupaten Belitung merupakan bagian dari wilayah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang juga merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 98 buah pulau besar dan kecil.

Penyebaran Pulau Menurut Kecamatan di Kabupaten Belitung
Penyebaran Pulau Menurut Kecamatan di Kabupaten Belitung (istimewa)
Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved