Ustaz Adi Hidayat : Inilah 3 Jenis Ujian dari Allah dan Solusinya

Jika orang kecil diuji dengan kecil pula, begitu pula orang menengah diuji dengan ujian menengah.

BANGKAPOS.COM - Cobaan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya tergantung dari kedudukan seseorang tersebut, semakin tinggi kedudukan maka akan semakin tinggi juga cobaan atau rintangan yang dialaminya.

Jika orang kecil diuji dengan kecil pula, begitu pula orang menengah diuji dengan ujian menengah.

Begitu kata Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya.

Untuk menaikkan derajat atau kedudukan kita di hadapan Allah, maka Allah akan memberi ujian kepada kita semua, ada 3 jenis ujian yang akan diberikan kepada kita, dan bagaimanakah solusi mengatasi ujian-ujian tersebut? 

Ustadz Adi Hidayat Beberkan 4 Janji Allah Untuk Orang Tahajud Saat di Dunia, Begini Tata Caranya

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan perumpamaan bahwa gaya berbanding lurus dengan tekanan, semakin kita memukul terhadap benda semakin keras juga gaya yang ditekan.

Kalau kita lihat melalui ayat Al-Qur'an Surah Al Baqarah : 214 yang berbunyi:

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ ۖ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّىٰ يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَىٰ نَصْرُ اللَّهِ ۗ أَلَا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ

Am hasibtum an tadkhulul-jannata wa lammā ya`tikum masalullażīna khalau ming qablikum, massat-humul-ba`sā`u wad-darrā`u wa zulzilu hattā yaqular-rasulu wallażīna āmanu ma'ahụ matā nasrullāh, alā inna nasrallāhi qarīb

Yang Artinya: Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."

Adapun bentuk ujian terdiri dari tiga:

1. Ba’sa (ringan)

Halaman
123
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved