Berita Sungailiat

UBB Kunjungi Sekolah Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru

untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN saat ini sudah masuk ke tahapan pembuatan pendaftaran akun

UBB Kunjungi Sekolah Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru
Bangkapos.com/Widodo
Kampus Universitas Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Bangka Belitung untuk melakukan sosialisasi proses serta tahapan penerimaan mahasiswa baru.

"Untuk ke sekolah Pangkalpinang baru saja, untuk Kabupaten lain sudah rabu dan kamis kemarin," kata Agus Susanto kepada Bangkapos.com, Jumat (13/12/2019).

Dia mengatakan kunjungan ke sekolah mengalami keterlambatan. Hal ini dikarenakan sekolah yang hendak dikunjungi masih melakukan ujian nasional.

Sementara itu untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN saat ini sudah masuk ke tahapan pembuatan pendaftaran akun bagi sekolah dan siswa.

"Saat ini jadwal pembuatan akun. Kalau sekolahnya tidak membuat akun maka siswanya dipastikan tidak bisa mendaftar SNMPTN dan SBMPTN. Kalau siswanya tidak mendaftarkan akun maka siswanya dipastikan tidak bisa mendaftar SNMPTN," ujar Agus Susanto Selaku Humas.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ini dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan mengunakan rapor. Rapor yang digunakan dari semester satu sampai lima bagi SMA, SMK DAN MA.

Agus menjelaskan sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), melakukan registrasi, memilik akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Di Universitas Bangka Belitung terdiri dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Teknik, FPPB, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fisip dengan jumlah 20 Program Studi.

Program Studi yakni jurusan Biologi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Agroteknologi, Akuakultur, Agribisnis, Ilmu Kelautan, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Tambang, Teknik Mesin, Kimia, Fisika, Akutansi, Manajemen, Ekonomi, Ilmu Hukum, Sosiologi, Ilmu Politik dan Sastra Inggris.

Agus Susanto menjelaskan jumlah Program Studi yang dapat mereka ambil.

"Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu perguruan tinggi dan bagi siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan," imbuhnya.

Tujuan SNMPTN ini memberikan kesempatan kepada siswa SMA, SMK dan MA di dalam dan luar negeri yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik. (Bangkapos.com/ Widodo)

Penulis: Widodo
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved