Harus Tahu, Kenali 9 Jenis Setan dan Tugasnya, Mengacaukan Salat Hingga Bertugas di Dalam Rumah

Kalau ada penyakit tertentu yang dibilang resah yaitu kekawatiran gelisa yang berlebihan, kemudian terkait dengan dua hukum yaitu hukum fikih

Harus Tahu, Kenali 9 Jenis Setan dan Tugasnya, Mengacaukan Salat Hingga Bertugas di Dalam Rumah
Youtube
Ustaz Adi Hidayat 

Harus Tahu, Kenali 9 Jenis Setan dan Tugasnya, Mengacaukan Salat Hingga Bertugas di Dalam Rumah

BANGKAPOS.COM - Kalau ada penyakit tertentu yang dibilang resah yaitu kekawatiran gelisa yang berlebihan, kemudian terkait dengan dua hukum yaitu hukum fikih dan kedua hukum tentang nafsu atau bagaimana untuk mencari ketenangannya," ungkap ustaz Adi Hidayat.

Adapun pengertian Fikih (bahasa Arab: الفقه, translit. al-fiqh‎) adalah salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia, baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun kehidupan manusia dengan Tuhannya.

Beberapa ulama fikih seperti Imam Abu Hanifah mendefinisikan fikih sebagai pengetahuan seorang muslim tentang kewajiban dan haknya sebagai hamba Allah.

Fikih membahas tentang cara beribadah, prinsip Rukun Islam, dan hubungan antar manusia sesuai yang tersurat dalam Al-Qur'an dan Sunnah.

Dalam Islam, terdapat empat mazhab dari Sunni yang mempelajari tentang fikih. Seseorang yang sudah menguasai ilmu fikih disebut Fakih.

Di dalam hukum fikih sebagaimana kita mempunyai dua persoalan dalam hidup, kadang-kadang jadi khusu.Persoalan yang pertama adalah syetan yang mana syetan itu "Aduwun Mubin"  musuh yang sangat jelas.

Disebutkan dalam Al-Qur'an surah Albaqarah ayat 168 dan 169 :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ كُلُوا۟ مِمَّا فِى ٱلْأَرْضِ حَلَٰلًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا۟ خُطُوَٰتِ ٱلشَّيْطَٰنِ ۚ إِنَّهُۥ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Yaa ayyuhaa nnaasu kuluu mimmaa fii l-ardhi halaalan thayyiban walaa tattabi'uu khuthuwaati sysyaythaani innahu lakum 'aduwwun mubiin
Artinya : “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu." (QS. al-Baqarah : 168).

إِنَّمَا يَأْمُرُكُم بِٱلسُّوٓءِ وَٱلْفَحْشَآءِ وَأَن تَقُولُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Innamaa ya'murukum bissuu-i walfahsyaa-i wa-an taquuluu 'alaa laahi maa laa ta'lamuun
Artinya: "Sesungguhnya (setan) itu hanya menyuruh kamu agar berbuat jahat dan keji, dan mengatakan apa yang tidak kamu ketahui tentang Allah.” (QS. al-Baqarah : 169).

Halaman
1234
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved