Kontes Durian Bangka Belitung

Zaimi Berharap Pamor Durian Citra Manis Jadi Naik Setelah Jadi Juara Kontes

Durian Citra Manis, Durian juara pada Kontes Durian Bangka Belitung hanya dijual Rp 50 Ribu ketika lagi musim...

Zaimi Berharap Pamor Durian Citra Manis Jadi Naik Setelah Jadi Juara Kontes
bangkapos.com / deddy marjaya
Zaimi dengan durian Citra Manis asal Kampung Aik Petaling Desa Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka yang berhasil meraih juara 1 kontes Durian lokal Bangka Belitung di halaman Kantor Gubernur Sabtu (11/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Durian termahal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih dipegang oleh Durian Cumasi atau Namlung atau nama lainnya yakniDurian Taibabi ataupun Durian Super Tembaga.

Harga per butirnya antara Rp 300.000 sampai Rp 1 juta per butir.

Bandingkan dengan harga Durian Citra Manis asal Kampung Aik Petaling Desa Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka yang berhasil menyabet juara 1 Kontes Durian Lokal Bangka Belitung di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sabtu (11/1/2020), yang dijual saat musim durian hanya Rp 50.000- Rp 100.000 saja.

Atau durian Rama asal Permis Kabupaten Bangka Selatan yang menyabet juara 2. Durian unggul ini hanya dijual dengan harga seperti durian biasa kisaran Rp 20.000-50.000.

"Memang segitu harganya yang kecil dijual Rp 50 ribu, yang besar Rp 100 ribu, tapi setahu saya jenis ini cuma ada di kampung kami. Secara turun temurun dibudidayakan dengan menanam dari biji,"kata Zaimi pemilik duren pemenang kontes ini ditemui seusai menerima hadiah dan piala.

Sesuai janji Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang akan mengembangkan Durian pemenang kontes, Zaimi pun berharap apamor dan harga jual Durian Citra Manis semakin meningkat setelah juara.

Menurut dia, selain karena kurang promosi, selama ini Durian Citra Manis terhambat pengembangannya karena hanya mengandalkan dari biji. Dia menilai akan berbeda jika dikembangkan oleh Dinas Pertanian yang memiliki tenaga ahli, teknologi dan pengembangan varietas tanaman unggul. 

"Kami sangat menantikan jika memang akan dikembangkan siap mendukung karena ini akan menambah ekonomi warga kampung kami," kata Zaimi.

Gubenur Erzaldi Rosman saat menyerahkan hadiah sempat bercanda kepada pemenang.  Dia meminta agar pekebun tidak menolak saat durain pemenang akan dikembangkan lantaran takut dan khawatir Durian varietas yang sama juga ditanam di tempat lain.

"Jadi jangan nanti kita datangi nolak. Ini untuk kebaikan dan salah satu cara mendorong nilai tambah pendapatan kalian juga kedepannya," kata Erzaldi Rosman.

Halaman
1234
Penulis: deddy_marjaya
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved