Berita Sungailiat

Begini Kata Kapolres Bangka Soal Penahanan Dul Ketam dan Rencana Praperadilan oleh Pengacara

"Polres Bangka telah melaksanakan proses tahap dua kasus Karhutla sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) ke Kejari Bangka," kata Aris

Begini Kata Kapolres Bangka Soal Penahanan Dul Ketam dan Rencana Praperadilan oleh Pengacara
bangkapos.com / istimewa
Tampak Dul Ketam digelandang Pihak Kejari Bangka menuju Rutan Bukitsemut Sungailiat Bangka, Senin (20/1/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, Senin (20/1/2020) malam memberikan penjelasan soal pelimpahan perkara kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melibatkan pengusaha lokal, tersangka Abdullah alias Dul Ketam dan tersangka Herman.

Menurut Aris, proses hukum yang sudah dilakukan penyidik kepolisian sudah sesuai aturan hingga akhirnya penyidik melimpahkan perkara itu ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Bangka.

"Polres Bangka telah melaksanakan proses tahap dua kasus Karhutla sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) ke Kejari Bangka," kata Aris, Senin malam ini saat dihubungi Bangka Pos.

Sedangkan mengenai rencana pengacara Abdul Jalil, Kuasa Hukum tersangka Dul Ketam yang bakal mempraperadilankan pihak kepolisian, menurut Aris, itu adalah hal yang biasa. "Kita ikuti prosedurnya," kata dia. 

Kapolres menyebut peralihan status tersangka Dul Ketam dan Herman yang semula tidak ditahan kemudian berubah menjadi ditahan di rutan ketika perkara sampai di tangan jaksa, adalah ranahnya pihak kejaksaan.

"Ranahnya JPU (jaksa penuntut umum)," katanya.

Pengacara Abdul Jalil, selaku Kuasa Hukum tersangka Dul Ketam dan tersangka Herman dikonfirmasi malam ini sekira pukul 22.15 WIB, Senin (20/1/2020) menyatakan, dalam waktu dekat bakal digelar sidang praperadilan.

Praperadilan itu ditujukan pada penyidik Polres Bangka karena telah menetapkan kliennya sebagai tersangka pada kasus yang dimaksud.

"Praperadilan ini bukan berarti kami memusuhi penyidik atau polisi, namun upaya untuk membuktikan fakta yang sebenarnya," kata Abdul Jalil.

Abdul Jalil juga berharap pihak Kejari Bangka bijaksana menyikapi proses praperadilan yang ditujukan kepada Penyidik Polres Bangka.

Halaman
123
Penulis: ferylaskari
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved