Berita Pangkalpinang

Mau Menikah, Pasangan Pengantin Harus Ikuti Kursus Pra Nikah dan Tes Urine

Tes urine yang dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait. Tes dilakukan hanya sebatas mengetahui dan mengidentifikasi kondisi kesehatan

Mau Menikah, Pasangan Pengantin Harus Ikuti Kursus Pra Nikah dan Tes Urine
Bangkapos/Ramandha
Abdul Malik, Kasi Kepenghuluan dan Pemberdayaan Keluarga Sakinah, Kantor Wilayah (Kawil) Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Belitung (Babel) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasi Kepenghuluan dan Pemberdayaan Keluarga Sakinah, Kantor Wilayah (Kawil) Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Belitung (Babel), Abdul Malik mengatakan Kemenag RI telah memberlakukan tes urine bagi para calon pasangan pengantin.

Tes urine yang dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait. Tes dilakukan hanya sebatas mengetahui dan mengidentifikasi kondisi kesehatan para calon pengantin.

"Berbeda dengan tes urine narkoba. Kalau untuk narkoba baru kita bicarakan kemarin dengan BNNK Pangkalpinang. Tapi karena keterbatasan biaya, belum dilakukan," jelasnya kepada Bangkapos.com, Selasa (21/1/2020).

"Tapi kemarin katanya Pemkot (pemerintah kota) Pangkalpinang siap untuk membiayainya. Kita lihat saja nanti. Ini langkah yang sangat bagus untuk memberantas narkoba," ucapnya.

Selain itu, pihaknya saat ini juga lebih memperhatikan masa depan pernikahan para calon pengantin.

Hal ini dibuktikan dengan telah diterapkannya kursus pernikahan bagi para pemuda/i yang ingin melangsungkan ikatan pernikahan.

Kursus pra nikah ini, dikatakannya, merupakan kewajiban bagi calon mempelai.

Dia mengungkapkan, disamping itu, Kanwil Kemenag Babel juga mempunyai program- program penguatan perkawinan.

"Maka itu mereka diwajibkan untuk mengikuti kursus calon pengantin. Biasanya bimbingan perkawinan itu di kantor urusan agama (KUA) setempat," ungkapnya.

"Harapannya adalah, agar mereka itu memahami perkawinan secara hakiki. Dalam artian kata dia (pengantin) lebih paham secara mendalam supaya lebih menjaga terhadap artinya suatu perkawinan," lanjutnya. (Bangkapos/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved