Advertorial

Mengenal Kencing Nanah dan Bahayanya

Dr.Vania Vashti Lasrindy, SpKK dari RS.Siloam Bangka mendeskripsikan bahwa kencing nanah yaitu gejala keluarnya nanah dari lubang kencing

ist/Dr.Vania Vashti Lasrindy, SpKK
Dr.Vania Vashti Lasrindy, SpKK dari RS.Siloam Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dr.Vania Vashti Lasrindy, SpKK dari RS.Siloam Bangka mendeskripsikan kencing nanah yaitu gejala keluarnya nanah dari lubang kencing, salah satunya dapat disebabkan oleh infeksi kuman Neisseria gonorrhoeae.

Infeksi oleh kuman ini lebih dikenal dengan nama gonore di masyarakat. Gonore ditularkan melalui hubungan seksual baik melalui kelamin atau mulut.

Pada ibu hamil, gonore dapat menularkan pada janin yang dikandungnya. Kencing nanah tidak disebabkan oleh buang air di toilet umum seperti mitos yang banyak dipahami masyarakat.

Menurut dr.Vania Vashti Lasrindy, SpKK, Gonore umumnya lebih sering dikeluhkan pada pria karena infeksi dan pada wanita banyak yang tidak bergejala.

Pada pria, gejala gonore diantaranya rasa gatal, perih, panas saat kencing, nanah yang keluar dari lubang kencing, dan dapat juga disertai komplikasi berupa buah zakar membengkak serta demam.

Sementara itu gejala gonore pada wanita dapat berupa keputihan, nyeri saat kencing, serta nyeri panggul, namun dapat juga tidak bergejala meskipun sudah terjadi infeksi di organ intim wanita.

Gejala ini umumnya timbul dua sampai lima hari setelah berhubungan seksual dengan penderita gonore. Gonore perlu diobati segera karena bila dibiarkan dapat menyebabkan kemandulan dan saluran kencing buntu.

Apabila terdapat tanda dan gejala di atas, dr.Vania Vashti Lasrindy, SpKK menyarankan segera datang memeriksakan diri ke dokter supaya segera ditangani dengan tepat dan sebaiknya tidak berhubungan seksual sampai dinyatakan sembuh.

Saat berobat, kejujuran mengenai riwayat hubungan seksual penting agar dapat diidentifikasi sumber penularan gonore, tidak perlu khawatir karena informasi yang anda berikan akan dijaga kerahasiaannya.

Dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan infeksi ini, melalui pengambilan nanah atau cairan dari lubang kencing dan organ intim untuk melihat adanya bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved