Berita Pangkalpinang

UBB Resmi Gantikan Kuliah Tatap Muka dengan Sistem Online Google Classroom

Kuliah secara online dilakukan melalui video tutorial, Google Classroom dan WA Group dan sebagainya.

Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Wakil Rektor I UBB, Nizwan Zukhri di ruang kerjanya, Selasa (19/2/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Terhitung mulai tanggal 17- 31 Maret 2020 Rektor Universitas Bangka Belitung menggantikan perkulihan tatap muka dengan pembelajaran secara online.

Belajar secara online ini dilakukan menindaklanjuti Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik lndonesia Nomor 35492/A.A5/BK/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus (COVID-19).

Kuliah secara online dilakukan melalui video tutorial, Google Classroom dan WA Group dan sebagainya.

Wakil Rektor I Bidang Akademis dan Kemahasiswaan Universitas Bangka Belitung, Nizwan Zukhri mengatakan hal ini dilakukan karena merujuk surat edaran dari Kemendikbud.

"Dimulai besok ya, diharapkan pembelajaran seperti ini bisa efektif. Prinsipnya banyak dosen-dosen yang memang sudah menggunakan Google Classromm dan pelatihannya," ujar Nizwan saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (16/3/2020).

Lebih lanjut, ia menjelaskan dari Google Classroom sistemnya langsung sehingga akan ketahuan mahasiswa yang tidak hadir.

"Tapi bisa juga dengan tugas lewat email, atau tugas diberikan sebelumnya kemudian dikirimkan dan bisa dibicarakan lewat Wa grup. Kami mengakomodir metode-metode yang bisa diakomodir oleh dosennya," tutur Nizwan.

Dihubungkan terpisah, Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung Luna Febriani sebagai tenaga akademisi menyambut baik keputusan tersebut.

"Saya menyambut baik edaran yang dikeluarkan ini sebagai respon cepat untuk meminimalisir penyebaran dan penularan virus corona,"kata Luna.

Menurut Luna, terkait perkuliahan yang dilakukan secara daring atau online itu bukanlah penghalng bagi kegiatan belajar mengajar, mengingat ini merupakan era disrupsi, dimana segala aktifitas manusia mulai bergeser dari dunia nyata ke dunia maya.

"Sudah seharusnya di era disrupsi ini kegitan belajar mmengajar juga menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,"sebut Luna.

Mahasiswa Biologi UBB semester 8, Yeni yang sedang dalam proses bimbingan skripsi ikut menanggapi perihal ini.

"Pada dasarnya, keputusan yang diambil rektor pastinya untuk kebaikan seluruh masyarakat kampus. Tentu jika perkuliahan diganti secara daring, pasti ada kelebihan dan kekurangan. Sekarang tergantung mahasiswa, apakah bisa memanfaatkan waktu luang dengan cara yang produktif atau tidak," kata Yeni.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved