Virus Corona

Memahami Cara Kerja Rapid Test untuk Mengecek Covid-19 atau Virus Corona pada Seseorang

Cara kerja rapid test memugkinkan pengujian dilakukan secara cepat dan tidak memerlukan instrumen yang rumit.

Memahami Cara Kerja Rapid Test untuk Mengecek Covid-19 atau Virus Corona pada Seseorang
Freepik.com
Ilustrasi virus corona. Cara kerja rapid test memunginkan untuk mengecek apakah seseorang terinfeksi Covid -19 atau tidak dengan cepat. 

Memahami Cara Kerja Rapid Test untuk Mengecek Covid-19 pada Seseorang, Hasil Keluar dalam Waktu Sekitar 20 Menit

BANGKAPOS.COM - Seperti apa cara kerja rapid test untuk mengecek sesorang terinfeksi Covid-19 atau Virus Corona?

Penting mengetahui cara kerja rapid test karena penggunaannya dianjurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Cara kerja rapid test memugkinkan pengujian dilakukan secara cepat dan tidak memerlukan instrumen yang rumit.

Dilansir ox.ac.uk, para ilmuwan dari Departemen Ilmu Teknik Universitas Oxford dan Pusat Penelitian Lanjut Oxford Oxford (OSCAR) telah mengembangkan teknologi pengujian cepat untuk virus corona baru SARS-CoV-2 (COVID-19).

Tim tersebut dipimpin oleh Prof Zhanfeng Cui dan Prof Wei Huang, telah bekerja untuk meningkatkan kemampuan uji coba ketika virus menyebar secara internasional.

Tes baru ini jauh lebih cepat dan tidak memerlukan instrumen yang rumit dibanding dengan tes viral load sebelumnya yang membutuhkan waktu  90 menit hingga 120 jam untuk memberikan hasil.

Tim peneliti telah mengembangkan tes baru, berdasarkan pada teknik yang mampu memberikan hasil hanya dalam setengah jam lebih dari tiga kali lebih cepat daripada metode saat ini.

Menurut Prof Wei Huang kelebihan tes baru ini terletak pada desain deteksi virus yang secara khusus dapat mengenali fragmen RNA dan RNA SARS-CoV-2 (COVID-19).

Cara kerja rapid test ini dilakukan dengan cara pemeriksaan bawaan untuk mencegah positif atau negatif palsu dan hasilnya sangat akurat.

Halaman
1234
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved