Breaking News:

Ramadan 2020

Hukum Membayar Zakat Fitrah dan Waktu yang Paling Afdol Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah sejumlah bahan makanan pokok yang dikeluarkan pada bulan Ramadan oleh setiap orang muslim yang memiliki kelebihan makanan pokok un

Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Aktivitas penerimaan zakat oleh panitia Amil Zakat Masjid Al Hidayah Jalan Raya Tua Tunu Indah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM - Zakat fitrah merupakan ibadah wajib bagi seluruh pemeluk Islam, laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda, bahkan bayi yang lahir di akhir bulan Ramadan sebelum matahari terbenam pun wajib.

Dilansir zakat.or.id, zakat ini disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah, agar setiap muslim kembali kepada keadaan fitrah dan suci.

Membayar zakat fitrah menjadi satu rukun Islam yang ke-4.

Zakat fitrah adalah sejumlah bahan makanan pokok yang dikeluarkan pada bulan Ramadan oleh setiap orang muslim bagi dirinya dan bagi orang yang ditanggungnya yang memiliki kelebihan makanan pokok untuk sehari pada hari raya Idul Fitri.

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi yang mampu.

Waktu yang paling baik untuk membayar zakat fitrah adalah ketika matahari terbenam pada malam hari raya Idul Fitri, hingga waktu shalat Idul Fitri keesokan harinya.

Hal itu bisa dilakukan dalam jika masih dalam hitungan bulan Ramadan.

Jika menggunakan uang, zakat harus dibayarkan sesuai dengan harga beras yang akan dizakatkan.

Beras yang digunakan juga setidaknya harus sama atau lebih baik kualitasnya dengan yag dimakan sehari-hari.

Zakat fitrah itu jumlahnya dua sak, satu sak ini ada dua mud, dan satu mud ada 6 ons, jadi kira-kira 6 kali empat, kira-kira ada 2,4 kg.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved