Breaking News:

Berita Sungailiat

Pendaftaran SBMPN Polman Babel Telah Dimulai, Ini Penjelasannya

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 resmi dibuka Selasa, 19 Mei 2020

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Ist/ Polman Babel
Mahasiswa Polman Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) tahun 2020 resmi dibuka Selasa, 19 Mei 2020 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan secara online melalui video conference dalam acara “ Launching SBMPN 2020 “.

Jalur SBMPN merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh Indonesia.

SBMPN merupakan istilah baru yang digunakan tahun ini, di mana sebelumnya memakai istilah Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).

Tahun ini, SBMPN diikuti sebanyak 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Akibat dari pandemi Covid-19 yang turut berdampak pada mekanisme dan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN ini sehingga pola seleksi sama seperti saat UMPN yaitu secara portofolio.

Jalur SBMPN ini tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

Polman Babel mempunyai kuota 40 persen  di jalur SBMPN.

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Manufaktur Bangka Belitung ( Polman Babel) tahun 2020 telah dibuka dengan beberapa jalur pendaftaran.

Sebelumnya jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) telah selesai dilaksanakan, jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) telah di buka pada hari ini, Selasa 19 Mei 2020 hingga 25 Juni 2020 dan pengumuman pada tanggal 4 Juli 2020.

Polman Babel juga akan menyediakan jalur mandiri setelah pelaksanaan jalur SBMPN selesai dilakukan.

Pola penerimaan mahasiswa baru Polman Babel terbagi menjadi 40% untuk jalur SNMPN, 40 persen untuk jalur SBMPN dan 20 persen untuk jalur mandiri.

Wakil Direktur I bidang Akademik Polman Babel, Irwan mengatakan penerimaan mahasiswa jalur SBMPN tahun ini dilakukan secara bersama di portal sbmpn.politeknik.or.id dan seleksi dilaksanakan secara portofolio.

Polman Babel mempersiapkan kuota 40 persen untuk jalur SBMPN, sebelumnya jalur SNMPN kita sudah menyediakan kuota sebesar 40 petsen, kemudian sisanya di jalur mandiri sebesar 20 persen, “ kata Irwan, Rabu (20/05/2020).

Irwan menambahkan bahwa peserta jalur penerimaan masuk ke Politeknik semakin meningkat.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved