Breaking News:

WUJUD Terowongan Kokain Rahasia El Chapo, Ada Temuan Obat-obatan Berbahaya

Warisan bos kartel obat bius Amerika Selatan hidup terus ketika polisi menemukan kartel menyelundupkan sejumlah besar obat-obatan kelas A.

Penulis: tidakada002 | Editor: Edi Yusmanto
U.SATTORNEYSOFFICE / SPLASH NEWS
Terowongan yang digunakan kartel narkoba El Chapo dilengkapi dengan sistem rel 

BANGKAPOS.COM - Warisan bos kartel obat bius Amerika Selatan hidup terus ketika polisi menemukan kartel menyelundupkan sejumlah besar obat-obatan kelas A.

Agen narkoba AS atau DEA telah menyatakan perang terhadap peredaran narkoba tidak berhenti selama pandemi, dengan jaringan kartel narkoba El Chapo terus mengoperasikan terowongan narkotika tersembunyi.

Mereka menyelundupkan jutaan dolar obat-obatan melintasi perbatasan AS-Meksiko, bahkan pada puncak krisis kesehatan pandemi covid-19.

Pada bulan Maret, agen-agen AS menemukan $ 30 juta (£ 24 juta) obat-obatan ditemukan disembunyikan di dalam sistem terowongan canggih di San Diego, yang menempuh jauh-jauh dari Tijuana di Meksiko, lengkap dengan sistem relnya sendiri.

Banyak tas berisi kokain, heroin, dan metamfetamin ditemukan tersimpan di sana menunggu transportasi ke pengedar narkoba lain.

Gambar menunjukkan 'Baja Metro Tunnel', di Otay Mesa, San Diego, California - terowongan narkotika terpanjang yang pernah ditemukan
Gambar menunjukkan 'Baja Metro Tunnel', di Otay Mesa, San Diego, California - terowongan narkotika terpanjang yang pernah ditemukan (US CUSTOMS DAN BORDER PROTECTION HANDOUT / EPA-EFE / REX))

Berbicara tentang pertempuran berkelanjutan untuk menampung masuknya obat-obatan keras ke AS, Aaron Heitke, seorang agen patroli perbatasan mengatakan:

"Terowongan lintas-perbatasan merupakan salah satu ancaman paling signifikan bagi keamanan nasional kita."

Dia menambahkan terowongan canggih seperti itu semakin memprihatinkan selama pandemi global.

Itu terjadi ketika para pejabat AS berusaha memanfaatkan penururnan perdagangan obat terlarang karena virus corona untuk menghancurkan jaringan perdagangan.

Lorong-lorong adalah warisan raja obat terlarang Joaquin "El Chapo" Guzman.

Terowongan yang baru ditemukan memiliki sistem kereta api yang mirip dengan yang ini
Terowongan yang baru ditemukan memiliki sistem kereta api yang mirip dengan yang ini (US CUSTOMS DAN BORDER PROTECTION HANDOUT / EPA-EFE / REX)

Bandar obat bius Meksiko El Chapo adalah kepala Kartel Sinaloa, sebuah sindikat kejahatan internasional yang dianggap sebagai kelompok penyelundup narkoba paling kuat di Meksiko.

Chapo diekstradisi ke AS pada 19 Januari 2017, dan saat ini menjalani hukuman seumur hidup di penjara ADX Florence dengan keamanan maksimum di Colorado karena menjalankan penyelundupan narkoba bernilai miliaran dolar.

Polisi sekarang dikatakan mendekati rekan-rekannya, termasuk seorang antek yang dikenal sebagai "penguasa terowongan" yang diekstradisi ke AS pada Januari karena mendalangi jaringan bawah tanah.

Jose Villalobos dicari oleh pengadilan federal di California karena memiliki geng kriminal dan kejahatan terhadap kesehatan masyarakat.

Laporan mengklaim dia adalah dalang di balik dua terowongan narkotika yang dibangun di kota Tijuana di negara bagian Baja California, Meksiko utara.

Terowongan dilaporkan memiliki instalasi catu daya dan polisi menemukan beberapa gadget dengan pelacakan GPS.

Penjara Seumur Hidup
Gembong narkoba paling berbahaya di dunia, El Chapo alias Joaquin Guzman alias El Chapo akhirnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dalam persidangan di pengadilan federal Brooklyn, yang digelar pada Rabu (17/7/2019)

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved