Breaking News:

WIKI BANGKA

Anda Ingin Berangkat ke Luar Daerah Naik Pesawat? Ini Persyaratan dan Dokumen yang Harus Dilengkapi

Bandara Depati Amir Pangkalpinang sudah mulai melakukan aktivitas kembali, Rabu (10/6/2020).

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Manager Of Airport Operation & Service Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Erwin Adiyasha 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bandara Depati Amir Pangkalpinang sudah mulai melakukan aktivitas kembali, Rabu (10/6/2020).

Penumpang yang ingin melakukan penerbangan harus memenuhi persyaratan berupa dokumen seperti KTP, hasil rapid test atau uji PCR dan mendownload aplikasi PeduliLindungi.

Manager Of Airport Operation & Service Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Erwin Adiyasha menyarankan agar penumpang sebelum ke bandara untuk mengisi data dan dokumen persyaratan terbang di aplikasi e-HAC Indonesia.

"Karena jika sudah isi data dan dokumen di aplikasi e-HAC yang bisa didownload di playstore itu akan lebih memudahkan dan mempercepat pemeriksaan dokumen," jelas Erwin, Kamis (10/6/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan ketika sudah mengisi data maka penumpang saat tiba di bandara bisa langsung menunjukan hasil verifikasi data pada aplikasi tersebut kepada petuga.

Sehingga proses pemeriksaan lebih cepat, tetapi bila tidak maka pemeriksaan akan dilakukan manual dan memerlukan waktu lebih lama.

"Kami juga berharap para penumpang dapat memahami kelengkapan-kelengakapn dokumen perjalanan yang diperlukan," sebut Erwin.

Terkait Pemeriksaan Dokumen
Pihak bandara sudah memberikan fasilitas area pemeriksaan dokumen perjalanan berupa Posko Pengendalian dan Percepatan Penanganan.

"Untuk di posko Covid-19 yang kita sediakan ada beberapa meja pemeriksaan untuk validasi surat kesehatan, selanjutnya ada pemeriksaan dokumen perjalanan yang dibantu dari petugas maskapai sendiri," beber Erwin.

Diakuinya, beberapa meja memang ada semacam pelindung berwarna bening yang membatasi antara penumpang dan petugas yang memeriksa dokumen.

Tetapi memang tidak semua meja ada pelindung tersebut, pihaknya terus mengevaluasi hal ini sesuai prinsip pihak bandara akan memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik dan dibutuhkan.

"Kita memenuhi persyaratan, kita sediakan bilik aman dan kita berusaha menambah bilik aman untuk melindung petugas saat melayani penumpang," jelas Erwin.

Selanjutnya, pihak bandara juga akan memisah area pemeriksaan antar maskapai sendiri untuk memudahkan para penumpang agar lebih nyaman dan tidak bingung.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved