Breaking News:

Advertorial

Miliki Potensi Alam yang Melimpah, Desa Dalil Layak Menjadi Desa Wisata

Desa Dalil, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka yang memiliki luas wilayah 66,35 km2, menyimpan ragam potensi alam yang sangat indah, diantaranya air te

ist
Perangkat Desa Dalil 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Desa Dalil, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka yang memiliki luas wilayah 66,35 km2, menyimpan ragam potensi alam yang sangat indah, diantaranya air terjun Tujuh Tingkat dan air terjun si Bolang.

Kedua spot alam bebas ini sudah cukup dikenal dan beberapa kali dikunjungi wisatawan dalam dan luar pulau Bangka. Bahkan sudah pernah menjadi spot untuk program salah satu televisi swasta nasional. Selain air terjun, di desa Dalil juga terdapat Bukit Idat, dan Bukit Maras.

Keka­yaan potensi alam yang dimiliki menjadikan desa Dalil layak disebut sebagai salah satu desa wisata yang sangat potensial di Bangka Belitung.

Sekretaris desa Dalil, Iskandar menjelaskan pihaknya sangat bersyukur dengan ragam potensi alam yang dimiliki desanya. Selain sebagai potensi wisata, potensi alam tersebut diakuinya dapat menjadi sumber penghasilan asli desa dan masyarakat bila dapat dikelola dengan baik.

Dirinya menambahkan pihaknya akan menggandeng warga desa dan tentu saja pemerintah daerah untuk melakukan pemetaan dan merencanakan pengemba­ngan menjadi kawasan wisata alam terpadu yang dapat dikelola.

“Pemerintah Desa sa­ngat berharap kepada Peme­rintah Kabupaten Bangka dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melalui dinas-dinas terkaitnya, agar dapat memberikan duku­ngan penuh dan turut serta bersama peme­rintah desa dan masyarakat menjadikan ragam potensi alam ini benar-benar dapat dikelola, sehingga menjadi salah satu magnet pariwisata utama selain wisata pantai di Pulau Bangka Belitung ini, “ harap Iskandar, Kamis (16/7/2020).

Pj Kepala Desa Dalil, Supardi yang mulai mengembang tugas meneruskan roda pemerintahan desa sejak Maret 2020 sampai dengan terpilihnya kepala desa definitif mengatakan, akan mendukung dan sebisa mungkin mengerahkan tenaga dan pikirannya untuk membantu mengembangkan potensi desa sehingga tercapainya masyarakat desa yang mandiri dan sejahtera.

Air Terjun Desa Dalil
Air Terjun Desa Dalil (ist)

Karena menurutnya selain potensi alam yang melimpah, peme­rintah desa Dalil juga sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bernama Andal Berdikari, salah satu lini usahanya adalah BUMDes Mart yang menjual kebutuhan-kebutuhan pokok dan konsumsi masyarakat. Kedepannya pihak peme­rintah desa melalui BUMDes akan menggandeng pengrajin dan pembuat produk-produk tradisional di desanya, seperti pembuat Gula Aren, pengrajin Anyaman, dan produk tradi­sional lainnya untuk bermitra. Targetnya agar BUMDes menjadi wadah promosi dan pemasaran hasil produksi agar semakin dikenal masyarakat luas.

“Kita akan gandeng dan lakukan pembinaan kepada para pembuat produk khas seperti gula aren, pengrajin anyaman dan lain-lainnya, sehingga kualitas produksi menjadi lebih baik, pemasaran lebih luas dan menjadi produk khas Desa Dalil yang bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Supardi. (Advertorial/*/Pemerintah Desa Dalil)

Pembuat Gula Aren Tradisio­nal Desa Dalil, Bpk. Harun
Pembuat Gula Aren Tradisio­nal Desa Dalil, Bpk. Harun (ist)

Potensi Alam :
1. Air Terjun Tujuh Tingkat
2. Air Terjun si Bolang
3. Bukit Maras
4. Bukit Idat

Halaman
12
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved