Breaking News:

Cuaca Hari Ini

Cuaca Hari Ini Waspada Wilayah yang Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

BMKB memprediksi terdapat 2 wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia Senin 27 Juli 2020.

tribunnews.com
Ilustrasi perkiraan cuaca BMKG 

BANGKAPOS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terdapat 2 wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia pada hari ini Senin 27 Juli 2020.

Hal ini terjadi karena terdapat daerah sirkulasi siklonik dan perlambatan kecepatan angin atau pertemuan angin (konvergensi).

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina.

Area inilah yang membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang dari perairan Utara Papua Barat hingga Samudera Pasifik Timur Filipina.

Kondisi ini menyebabkan potensi peningkatan pembentukan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah pertemuan angin tersebut.

Foto Viral Jenazah Dikubur Pakai Daster, Keluarga Sempat Bongkar Peti Mayat Karena Tak Muat

Istri Tewas Mengenaskan Saat Memeluk Suami yang Terkapar di Kebun

Juventus Kampiun Liga Italia Setelah Tundukkan Sampdoria

Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang dari Papua Nugini hingga Teluk Cendrawasih, yang menyebabkan potensi peningkatan pertumbuhan awan konvektif di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Berikut informasi peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk besok, Senin 27 Juli 2020 yang disampaikan BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung adalah :

- Aceh

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved