Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Pecinta Kucing Asal Koba Ini Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Hewan Peliharaan

Bambang datang bersama anaknya dengan menggendong dua ekor kucing untuk mengikuti vaksin massal, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian

Penulis: | Editor: nurhayati
Ist/Dinas Pertanian Bangka Tengah
Kucing saat mendapat suntikan vaksin yang dilakukan pihak Dinas Pertanian Bangka Tengah, Rabu (19/8/2020) di Bundaran Tugu Ikan Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Bambang  datang bersama anaknya dengan menggendong dua ekor kucing untuk mengikuti vaksin massal, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Bangka Tengah (Bateng).

Bambang mengatakan, baru kali ini dirinya melakukan vaksin untuk kucingnya.

Ia mengatakan ingin menjaga kesehatan kucing dan keluarganya, mengingat penyakit rabies bersifat zoonosis atau dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

"Saya mau jaga kesehatan hewan dan keluarga, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, kita kan ga tau gigitan kucing bisa mengakibatkan apa," ungkap Bambang, Rabu (19/8)

Bambang mengatakan bahwa ia memiliki empat ekor kucing di rumahnya, namun hanya dua ekor kucing saja yang ia vaksin, dikarenakan dua ekor kucingnya lagi sedang hamil, sehingga belum bisa divaksin apalagi kucing merupakan termasuk ke dalam hewan penular rabies.

Untuk itu Bambang menyarankan kepada para pecinta kucing untuk melakukan vaksin agar aman dari rabies, terlebih kucing adalah hewan yang dekat dengan anak-anak, jangan sampai virus yang ada pada kucing berpengaruh kepada anak-anak.

Dokter hewan saat melakukan vaksinasi hewan peliharaan, Rabu (19/8/2020) di Bangka Tengah
Dokter hewan saat melakukan vaksinasi hewan peliharaan, Rabu (19/8/2020) di Bangka Tengah (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Vaksinasi Massal Hewan Peliharaan

Ratusan hewan peliharaan jenis kucing dan anjing, Rabu (19/8/2020) terlihat ramai dibawa oleh pemiliknya di Bundaran Tugu Ikan Kota Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Puluhan hewan peliharaan ini ikut serta dala kegiatan vaksin gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Kabupaten Bateng.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bateng, Sunaryo mengatakan kegiatan ini bernama Gerakan Berantas Rabies Bersama dengan Aktif Vaksin (GETAS ASIN), yang mana vaksin rabies kali ini digratiskan bagi para peserta yang hadir membawa hewan kesayangannya.

Ia mengatakan kegiatan vaksinasi masal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit rabies khsusnya di Kabupaten Bangka Belitung (Babel), dikarenakan menurutnya Kabupaten Bateng saat ini masih bebas rabies.

"Karena kita ini masih berada di daerah yang bebas rabies, sehingga penyakit rabies ini jangan sampai masuk, kalau sudah masuk pembasmiannya akan susah, sehingga kita rutin menggelar vaksin ini setiap tahunnya," ujar Sunaryo, Rabu (19/8/2020)

Jumlah total peserta vaksinasi kali ini ada 245 hewan yang sudah didaftarkan secara online, namun bagi yang belum mendaftar online akan tetap dilayani selama vaksin tersebut masih tersedia.

Adapun syarat vaksinasi gratis tersebut antara lain seperti hewan yang dapat divaksin merupakan hewan penular rabies, seperti kucing, anjing, monyet, dan musang.

Selain itu hewan peliharaan tersebut harus dalam kondisi sehat, berumur minimal tiga bulan, dan berat minimal 1 kg. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved