Breaking News:

Buaya Lebih Besar dari Kapal Muncul di Nunukan, Tertangkap Citra Satelit Goggle

Untuk lebih meyakinkannya bahwa tangkapan foto satelit yang ia abadikan adalah benar benar buaya raksasa, Roby berinisiatif bersurat ke Google

Editor: Hendra
(Kompas.com/Ahmad Dzulviqor)
Tangkapan layar citra satelit dari Google Maps yang diabadikan masyarakat Nunukan, Benda yang diduga buaya raksasa sepanjang 15 meter menghebohkan masyarakat Nunukan 

BANGKAPOS.COM – Penampakan seekor buaya yang lebih besar dari kapal nelayan terjadi di Nunukan, Kalimantan Utara.

Penampakan buaya yang panjangnya melebihi panjang kapal ini diugkap oleh bagian teknisi RRI Nunukan Roby dua pekan lalu.

Tak sengaja saat hendak mencari spot memancing Kepala Seksi Teknik Media Baru (TMB) RRI Nunukan Syafri Razak melihatnya dari layar komputer.

Penampakan buaya besar itu tertangkap dari foto satelitnya.

Dia melihat penampakan tidak wajar di monitor komputer dari foto satelit.

Seekor gharial atau buaya pemakan ikan di India tertangkap kamera menggendong 100 anaknya. Foto ini menjadi salah satu dari 100 gambar yang sangat dipuji dalam kompetisi Fotografer Satwa Liar Tahun Ini, yang diselenggarakan oleh Natural History London.
Seekor gharial atau buaya pemakan ikan di India tertangkap kamera menggendong 100 anaknya. Foto ini menjadi salah satu dari 100 gambar yang sangat dipuji dalam kompetisi Fotografer Satwa Liar Tahun Ini, yang diselenggarakan oleh Natural History London. (Dhritiman Mukherjee/BBC)

Roby langsung memperbesarnya dan menemukan tampilan yang diduga kuat buaya raksasa.

"Saya zoom dua kali gambarnya sudah sangat jelas, ada moncong, badan, kaki sampai ekor, saya langsung kepikiran bagaimana menentukan ukurannya," tutur Roby ditemui Kompas.com, Jumat (12/9/2020).

Roby mengatakan, dalam tangkapan layar yang ia ambil ada dua obyek yang terekam, pertama adalah penampakan yang diduga buaya raksasa dan tampilan lain adalah perahu nelayan.

Buaya tersebut menghadap kapal nelayan yang lewat.

Penasaran dengan ukuran dari buaya yang terlihat sangat jelas itu, Roby mencoba memanfaatkan menu di Goggle Maps.

"Kita ukur dengan jarak yang ada di menu Gogle Maps, bentuknya jelas, ada moncong, badan, dan ekor, cuman ukurannya enggak wajar, ukuran buaya jauh lebih besar dibandingkan dengan kapal nelayan yang lewat. Kapal cuma 12 meter, masih panjang buayanya, 3 meter lagi.’’jelasnya.

Melihat kenyataan tersebut ia lama terdiam dan berpikir, apa mungkin ada buaya sebesar itu di perairan Nunukan,

"Akhirnya saat saya perlihatkan penampakan itu, semua teman melihat dan sama-sama mencari ukurannya, yang keluar tetap 15 meter panjang dengan lebar 2,5 meter, akhirnya di-cancel itu agenda memancing,’’katanya lagi.

Bersurat ke Google

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved