Breaking News:

Febri Akhirnya Buka Suara, Pertanyakan Independensi KPK Hingga Status Pegawai Tak Jelas 

Pengaturan agar KPK tetap independen tersebut belum terjawab sampai saat ini, khususnya terkait perubahan status pegawai KPK menjadi ASN

Penulis: Hendra (CC) | Editor: Hendra
KOMPAS IMAGES
Febri Diansyah 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA, - Mundurnya Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Febri Diansyah menjadi perbincangan hangat tentang kinerja dari KPK.

Ditambah lagi dengan ringanya sanksi yang diberikan Dewan Pengawas KPK kepada Ketua KPK Firli Bahuri yang melanggar kode etik di KPK.

Diwawancara oleh Kompas.com, Febri pun akhirnya buka suara.

Ia mempertanyakan soal independensi KPK. Dia pun menegakan independensi KPK tidak bisa dijamin hanya dengan dicantumkan pada aturan perundang-undangan saja.

" Independensi itu tidak cukup hanya dengan satu kalimat atau frase tekstual undang-undang saja, KPK bersifat independen maka jadilah ia independen, tidak cukup hanya itu," kata Febri dalam wawancara bersama Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Menurut Febri, independensi KPK harus dilihat secara lebih luas yakni dari bagaimana posisi kelembagaan yang berada di rumpun eksekutif serta bagaimana kerja KPK bila pegawainya sudah berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Febri berpendapat, pengaturan agar KPK tetap independen tersebut belum terjawab sampai saat ini, khususnya terkait perubahan status pegawai KPK menjadi ASN.

Ia mencontohkan, belum ada aturan yang menegaskan status pegawai KPK kelak setelah menjadi ASN, apakah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bisa disebut sebagai pegawai kontrak.

"Apakah bisa independen kalau hubungan kerjanya berdasarkan kontrak? Sementara risiko sangat besar ketika bekerja di KPK. Ini penting sekali diperhatikan," kata Febri.

Ia menambahkan, pernyataan-pernyataan yang menyebut gaji pegawai KPK tidak akan turun dengan perubahan status pegawai KPK menjadi ASN juga bukan jawaban.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved