Breaking News:

Pilkada Bangka Barat

Pilkada Bangka Barat, Ormas FMPBB Sayembara Beri Hadiah Penangkap Pelaku SARA

Langkah ini diambil FMPBB sebagai bentuk, penolakan serta komitmen menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama di Bumi Sejiran Setason.

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Bangka Pos/Anthoni Ramli
KETUA Ormas FMPBB, Bruri Rusadi, beserta pengurus saat berada di kantor Kesbangpol Babar, Kamis (1/10/2020). 

BANGKAPOS.COM - Ormas Forum Masyarakat Peduli Bangka Barat (FMPBB) menggelar sayembara bagi masyarakat yang berhasil menangkap pelaku penyebaran isu SARA jelang Pilkada Desember 2020.

Langkah ini diambil FMPBB sebagai bentuk, penolakan serta komitmen menjaga kerukunan dan toleransi umat beragama di Bumi Sejiran Setason, dari gerakan berbau SARA.

"Kami menyediakan hadiah uang jutaan rupiah baik secara pribadi maupun kelompok yang bisa menangkap pelaku penyebar isu SARA dan membawanya ke kepolisian ataupun pengawas," kata Ketua Ormas FMPBB, Bruri Rusadi, Kamis (1/10/2020).

Diakuinya, hal ini sebagai bentuk komitmen agar daerah Babar aman dan damai.

"Makanya kami ajak semua masyarakat pihak terkait sama-sama mengawal pesta demokrasi ini tanpa menggunakan cara-cara yang berbau SARA," tegasnya.

Mantan Anggota DPRD Babel ini juga sangat mengecam metode politik bernuasa SARA tersebut.

Terlebih kata Bruri, sejak dahulu masyarakat Bumi Sejiran Setason hidup rukun dan berdampingan.

Lanjut Bruri, Keberadaan Masjid Jamik dan Klenteng Kong Fuk Miau yang bersebelahan menjadi simbol toleransi umat beragama di Bangka Barat, khususnya kota Muntok.

Tak hanya di kota dan Kecamatan Muntok saja. Namun toleransi umat beragama juga mewarnai kehidupan masyarakat di sejumlah Kecamatan lain, seperti Paritiga, Jebus dan Simpangteritip.

Untuk itu, kata Bruri jangan sampai toleransi umat beragama yang terjalin hingga saat ini, dinodai oleh kepentingan politik oknum oknum tertentu.

"Dari dulu masyarakat Bangka Barat ini hidup rukun dan berdampingan. Bahkan masjid dan kelenteng pun berdampingan. Inilah bukti toleransi di sini (Babar-red). Jangan sampai karena pandangan politik yang berbeda daerah kita terpecah belah," jelasnya. (Bangka Pos/Anthoni Ramli)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved