Breaking News:

Pilkada Bangka Tengah

Hari Ini Tim Koalisi Paslon Beriman Adakan Pertemuan Bahas Pengusulan Pergantian Cabup Bangka Tengah

Ketua Tim Pemenangan pasangan Ibnu Saleh-Herry Erfian (Koalisi Beriman), Algafry mengatakan bahwa hari ini pihaknya akan mengadakan pertemuan.

Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Ketua Tim Pemenangan pasangan Ibnu Saleh - Herry Erfian, Algafry. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Terkait pengusulan pergantian Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Ketua Tim Pemenangan pasangan Ibnu Saleh-Herry Erfian (Koalisi Beriman), Algafry mengatakan bahwa hari ini pihaknya akan mengadakan pertemuan untuk membahas hal tersebut.

"Hari ini kita akan mengadakan pertemuan secara tertutup dengan pimpinan-pimpinan koalisi, mungkin paling cepat malam nanti bisa didapatkan hasilnya, Insyaallah kita umumkan kalau memang sudah ada keputusan, karena kita ditunggu paling lama satu minggu," ungkap Algafry, Senin (5/10/2020)

Saat ditanyakan apakah sudah ada gambaran terkait siapa yang akan menggantikan posisi almarhum Ibnu Saleh, Algafry mengatakan bahwa setiap partai masing-masing sudah ada yang mengusulkan calonnya.

Ia memberikan contohnya Partai Golkar di mana dirinya sendiri merupakan Ketua DPD Golkar Bateng mengatakan mengusung Herry Erfian untuk menjadi Calon Bupati Bateng. Namun hal ini tergantung dengan hasil kesepakatan di partai pengusung dan Herry Erfian sendiri.

"Karena Bang Erfian harus ditanyakan juga, tidak serta merta mengusung tapi Bang Erfiannya kurang cocok, artinya harus ada juga kesepakatan dengan bang Erfiannya juga," kata Algafry.

KPU Beri Waktu Tujuh Hari

Pasca wafatnya Calon Bupati (Cabup) Petahana Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh, Ketua KPU Kabupaten Bateng, Rusdi mewakili seluruh jajaran KPU mengucapkan turut berduka cita atas kepergian satu diantara putra terbaik Bangka Belitung tersebut.

Terkait pergantian cabup dalam kontestasi Pilkada 2020 ini, Rusdi menjelaskan mengacu kepada PKPU Nomor 3Ttahun 2017 ada tiga klasifikasi yang menyebabkan seorang cabup tidak dapat mengikuti tahapan Pilkada.

Pertama adalah alasan kesehatan permanen berdasarkan surat keterangan dokter, karena berhalangan tetap, dan ada kasus pidana berdasarkan keputusan pengafilan yang inkrah.

"Jadi partai pengusung wajib mengajukan calon pengganti, masa waktunya paling lama selama 7 hari setelah berhalangan tetap, jadi paling lama pengajuan calon pengganti adalah pada hari Sabtu (10/10/2020)," jelas Rusdi, Senin (5/10/2020) kepada Bangkapos.com di KPU Bangka Tengah.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Noordin
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved