Breaking News:

Kejagung Turunkan 16 Jaksa untuk Tangani Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan Rizieq Shihab

Kejagung Turunkan 16 Jaksa untuk Tangani Kasus Pelanggaran Prorokol Kesehatan Rizieq Shihab

Tribunnews/Jeprima
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab didampingi kuasa hukumnya, Munarman tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (12/12/2020). Kedatangan Rizieq Shihab untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan yang terjadi di Petamburan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima) 

Kejagung Turunkan 16 Jaksa untuk Tangani Kasus Pelanggaran Prorokol Kesehatan Rizieq Shihab

BANGKAPOS.COM -- Mabes Polri telah menyerahkan tiga berkas perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan ( prokes ) oleh Rizieq Shihab kepada Kejaksaan Agung (Kejagung).

Terkait hal itu, Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejagung Fadil Zumhana mengatakan, penanganan perkara Rizieq sudah proses koordinasi dan konsultasi antara Kejagung dengan Mabes Polri. 

"Saya sudah membentuk 16 jaksa yang akan menyidangkan perkara ini," ucap Fadil saat rapat kerja Komisi III DPR dengan Jaksa Agung di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (26/1/2021). 

Menurutnya, Kejaksaan akan melihat perkara Rizieq secara jernih dan obyektif, karena setiap proses penegakkan hukum harus dilaksanakan sebaik-baiknya tanpa melakukan penzaliman kepada siapapun. 

Baca juga: Tubuh Sugiarti Ditemukan di Dalam Mulut Buaya Berukuran 4 Meter Setelah Dicari Berjam-jam

Baca juga: Buruan Kode Redeem Free Fire Terbaru 26 Januari 2021, Berikut Cara Redeem Code FF, Mudah Kok

"Kami sangat hati-hati membaca berkas ini dan akan beri petunjuk dan koordinasi yang baik dengan Babes Polri karena ada beberapa perkara yang kami tangani, yang telah diserahkan Mabes Polri. Megamendung, Petamburan dan beberapa kasus lagi yang berkaitan Rizieq Shihab," tuturnya. 

Diketahui, JAM Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung telah menerima tiga berkas perkara tahap I dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri terkait kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung. 

Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Leonard Ebenezer Simanjuntak mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penelitian mengenai tiga berkas perkara tersebut.

"Selanjutnya jaksa peneliti segera akan melakukan penelitian terhadap berkas perkara dan menentukan sikap atas 3 berkas perkara dimaksud," kata Leonard dalam keterangannya, Kamis (14/1/2021).

Baca juga: Aksi Kakek Ini Bikin Jantungan, Bawa Motor Ugal-Ugalan & Lepas Kedua Tangan Hingga di Tikungan Jalan

Baca juga: Raffi Ahmad Gelagapan Tasnya Dibongkar Sule, Sembunyikan Benda Ini dari Nagita: Jangan Bilang !

Baca juga: PSK Kawasan Puncak Bogor yang Bertarif Wow, Berusia Remaja, dari Daerah, Timur Tengah dan Maroko

Rinciannya, berkas perkara atas nama tersangka MR dengan sangkaan melanggar pasal 160 KUHP dan atau pasal 93 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan pasal 216 KUHP jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Selanjutnya, berkas perkara atas nama Tersangka MR dengan sangkaan melanggar pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit Menular dan atau pasal 93 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan atau pasal 216  KUHP;

Kemudian, berkas perkara atas nama tersangka HU, dan kawan-kawan (Tersangka MS, ASL, AAA, dan HIA) dengan sangkaan melanggar pasal 93 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan pasal 216 KUHP jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP

(*)

Artikel ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kejagung Turunkan 16 Jaksa Tangani Kasus Pelanggaran Prokes Rizieq Shihab dan juga telah tayang di tribun-medan.com dengan judul 16 Jaksa Diturunkan Kejagung untuk Tangani Kasus Rizieq Shihab, Begini Penjelasan Lengkapnya

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved