Breaking News:

Berita Bisnis

Bisnis Lebah Trigona Penghasil Madu Teran Mulai Populer, Begini Cara Budi dayanya

Lebah Trigona Itama atau dikenal pada sebutan Madu Teran oleh penduduk lokal di Pulau Belitung Timur (Beltim) saat ini mulai banyak dibudidayakan.

Penulis: Suharli
Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Ternak Lebah Trigona di Beltim. (Bangkapos.com/Suharli) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Lebah Trigona Itama atau dikenal pada sebutan Madu Teran oleh penduduk lokal di Pulau Belitung Timur (Beltim) saat ini mulai banyak dibudidayakan.

Proses budidaya lebah itu satu di antaranya yakni oleh MateBee Farm yang berlokasi di Dusun Parit Garam, Desa Selinsing Belitung Timur.

Selain memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, madu asal lebah Teran memiliki rasa yang unik yakni manis asam dan madunya dipercaya memiliki antioksidan lebih tinggi dibanding madu lain.

Beekepper sebutan untuk peternak madu, sudah memiliki komunitas sendiri di Belitung Timur.

Komunitas Beekepper, Muklis Ilham dan Edo Yulanda Pemilik MateBee Farm mengaku awalnya tertarik  ternak madu karena melihat adanya peluang ekonomi yang menjanjikan.

"Sebenarnya sudah ada yang budidaya Madu Teran ini lebih dulu dari kami. Awal tertarik kami coba dari lima kotak koloni yang didapatkan dari warga yang biasanya cari kayu dan ada juga yang memang lebah ini bersarang di kayu pohon milik warga," ujar Muklis kepada Bangkapos.com, Senin (8/3/2021).

Satu koloni Lebah Teran dibeli mereka seharga Rp150.000. Mereka juga harus menyiapkan kotak lengkap berikut plastik, karpet peneduh dan keramik untuk tutup dari sarang koloni lebah.'

Kotak tersebut nantinya untuk lebah membuat kantong-kantong madu serta memudahkan dalam proses panen madu.

Bagi Beekepper, satu koloni membutuhkan kalkulasi biaya sekitar Rp200.000, untuk siap berproduksi.

Memilih lokasi budidaya lebah juga harus memperhatikan vegetasi lingkungannya, tidak hanya merawat lebah saja, namun sumber makanan lebah juga harus diperhatikan. 

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved