Breaking News:

Pakcoy hingga Daun Bawang, Ini 5 Cara Memilih Tanaman Hidroponik untuk Pemula

Hidroponik adalah sebagai teknik bertani yang menggunakan air sebagai media tanamnya atau media suplai nutrisi.

WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Nurdani (50), petani bawang daun di Kawasan Danau Kembar,Kabupaten Solok, Sumatera Barat, tengah memanen daun bawang untuk dijual. 

BANGKAPOS.COM - Metode penanaman hidroponik belakangan semakin diminati. Hidroponik secara etimologis berasal dari gabungan dua kata, yakni hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja.

Artinya, dapat dikatakan bahwa hidroponik adalah sebagai teknik bertani yang menggunakan air sebagai media tanamnya atau media suplai nutrisi.

Menurut buku Kiat Sukses Bertanam Hidroponik untuk Pemula yang ditulis oleh Susi Anggraeni (2018), dengan menggunakan air sebagai media tanam, metode hidroponik terbilang menjanjikan pertumbuhan tanaman yang lebih baik karena nutrisinya dapat diatur sesuai kebutuhan tanaman.

Selain itu, air juga diyakini lebih melarutkan nutrisi untuk tanaman dibandingkan dengan tanah.

Bagi kita yang tidak memiliki lahan luas di rumah, cara menanam hidroponik juga mudah dipraktikkan di rumah.

Menggunakan metode hidroponik juga bisa menghindarkan kita dari penggunaan pestisida dan zat kimia lainnya.

Menanam menggunakan metode hidroponik bisa dilakukan untuk semua tanaman hortikultura, seperti sayuran berdaun, sayuran buah, buah-buahan, hingga beberapa tanaman hias.

Namun, jika masih bingung memilih tanaman untuk ditanam dengan metode hidroponik, berikut beberapa tanaman yang dapat menjadi pilihan:

1. Sayur mayur sekali panen
Banyak jenis sayuran yang dapat ditanam dengan metode hidroponik. Namun, disarankan untuk memilih sayur mayur satu musim.

Artinya, tanaman yang ditanam untuk dipanen sekali dengan cara dicabut, misalnya kangung, sawi, selada, dan lainnya. Mengapa demikian?

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved