Breaking News:

Tata Cara Sholat Tarawih dan Witir, Dilengkapi dengan Bacaan Niat dalam Arab dan Latin

Berikut ini panduan tata cara Salat Tarawih dan Witir di Bulan Ramadhan 1442 H, lengkap dengan bacaan niat dalam bahasa Arab dan latin.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Masjid At-Taqwa Semabung Baru Kota Pangkalpinang menggelar sahalat tarawih pertama, Senin (12/4/2021) malam. 

Tata Cara Sholat Tarawih dan Witir, Dilengkapi dengan Bacaan Niat dalam Arab dan Latin

BANGKAPOS.COM - Berikut ini panduan tata cara Salat Tarawih dan Witir di Bulan Ramadhan 1442 H, lengkap dengan bacaan niat dalam bahasa Arab dan latin. 

Shalat Tarawih menjadi salah sunnah yang dianjurkan setiap bulan Ramadhan.

Menurut panduan yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, Shalat Tarawih sebaiknya dikerjakan secara berjamaah.

Bisa dikerjakan di masjid, mushalla ataupun di rumah.

Meski dianjurkan berjamaah, Shalat Tarawih juga dapat dikerjakan sendiri-sendiri.

Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya sebagai berikut: 

Diriwayatkan dari Aisyah Ummul Mukminin ra, bahwasanya Rasullullah saw pada suatu malam salat di masjid. Lalu salatlah bersama salatnya (berjamaah) sejumlah orang. Kemudian orang satu kabilah (dalam jumlah besar) juga ikut salat sehingga jumlah jamaah semakin banyak. Pada malam ketiga atau keempat, para jamaah telah berkumpul, namun Rasullullah swa tidak keluar ke masjid menemui mereka.

Ketika pagi tiba beliau berkata: "Aku sungguh telah melihat apa yang kalian lakukan (salat tarawih berjamaah). Tidak ada yang menghalangiku untuk keluar menemui kalian, kecuali sesungguhnya aku takut, (kalian menganggap) salat itu diwajibkan atas kalian." Komentar Aisyiah: Hal itu terjadi di bulan Ramadan." (HR al-Bukhari dan Muslim). 

Berikut panduan dan tata cara shalat tarawih dan witir menurut buku panduan dari Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah: 

Halaman
1234
Editor: Evan Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved