Breaking News:

Dapat Tagging Tautan Tak Senonoh dari Akun FB Tak Dikenal? Awas Phising! Ini Cara Mengindarinya

Phising adalah sebuah upaya menjebak korban untuk mencuri informasi pribadi, seperti nomor rekening bank, kata sandi, dan nomor kartu kredit.

Editor: Dedy Qurniawan
(cnet.com)
iDapat Tagging Tautan Tak Senonoh dari Akun FB Tak Dikenal? Awas Phising! Ini Cara Mengindarinya - lustrasi Facebook User 

BANGKAPOS.COM - Saat ini tengah marak terjadi akun facebook sesorang tiba-tiba di-tag oleh akun tak dikenal.

Inilah modus untuk melakukan phising.

Phising adalah sebuah upaya menjebak korban untuk mencuri informasi pribadi, seperti nomor rekening bank, kata sandi, dan nomor kartu kredit.

Aksi phising bisa dilancarkan melalui berbagai media seperti e-mail, media sosial, panggilan telepon, dan SMS, atau teknik rekayasa sosial dengan memanipulasi psikologis korban.

Itulah yang terjadi saat sebagian pengguna Facebook di Indonesia belakangan mendapat notifikasi bahwa akunnya ditandai (tagging) oleh orang lain di suatu unggahan.

Biasanya, orang tersebut melakukan tagging massal ke banyak akun.

Unggahan tersebut biasanya berisi sebuah tautan, termasuk tautan video tak senonoh yang dijadikan umpan.

Seperti tangkapan layar yang diunggah pemerhati media sosial dan pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi di akun Twitter dengan handle @ismailfahmi.

"Sering terima notifikasi saat akun tak kita kenal ngetag akun kita di kolom komentar FB porno phising 'Klik Untuk Melihat Video Lengkap'?" tulis Ismail.

Ia mengatakan ada risiko bahwa tautan tersebut memuat phishing. Jika tautan di-klik, baik secara sengaja atau tidak, maka akun pengguna berpotensi dibajak oleh hacker dan dipakai untuk menyebar tagging serupa ke orang-orang lain.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved