Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Empat Tahun Berturut-turut Pemkot Pangkalpinang Dapat Predikat Opini WTP dari BPK

Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mendapat penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

istimewa
Pemerintah Kota Pangkalpinang mendapat penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Senin (3/5/2021) di RuangAuditorium Kantor Perwakilan BPK Provinsi Bangka Belitung. (Ist/Dok Humas Pemkot Iwan) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mendapat penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung (Babel). WTP itu diserahkan, Senin (3/5/2021) di Ruang Auditorium Kantor Perwakilan BPK Provinsi Bangka Belitung.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) yang menerima langsung penghargaan Opini WTP dari BPK tersebut mengaku sangat beryukur sekali atas penghargaan yang kembali diterima untuk keempat kalinya itu.

"Kami sangat bersyukur atas pengahrgaan yang diberikan kepada kami sehingga Kota Pangkalpinang mendapat pengahrgaan yang keempat dari BPK RI atas kepatuhan efektifitas kami dari hasil pemeriksaan yang ada beberapa kriteria," ujar Molen dalam sambutannya, Senin (3/5/2021).

Molen menyebutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) wajib bersyukur dan berbangga atas penghargaan yang sudah didapatkan ini.

"Tentunya kami patut berbangga ini menjadi indikator bagi kota Pangkalpinang dalam kepatuhan dan memberikan semangat lagi untuk bekerja, terus melaksanakan apa-apa lagi yang masih kurang," sebutnya.

Molen mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, hingga Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sudah bekerja keras dan membantu bagian penganggaran selama ini.

"Semangat penghargaan ini sebarkan dengan kawan-kawan kita hampir ada tiga ribu lebih birokrasi di Kota Pangkalpinang, bahwa kita semakin baik dan ini berkat kerja tim bukan hanya satu orang," ucapnya.

Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Abang Hertza mengatakan, ini merupakan sebuah langkah awal yang baik untuk Kota Pangkalpinang, dapat mempertahankan predikat WTP empat tahun berturut-turut.

"Hari ini suatu kebanggaan kami dari Kota Pangkalpinang, atas nama lembaga dan masyarakat kota Pangkalpinang menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) empat kali berturut-turut ini sebuah awal langkah yang baik karena sebelumnya Pangkalpinang belum pernah WTP tapi emapt tahun ini terus melekat di Kota Pangkalpinang," ujar Hertza.

Menurutnya, ini ada perbaikan dari sisi keuangan, hingga laporan keuangan juga baik dari tahun sebelum-sebelumnya.

"Apa yang menjadi catatan yang disampaikan tadi menjadi laporan yang harus ditindaklanjuti, atas nama DPRD Kota Pangkalpinang dan masyarakat berterimakasih kepada BPK, Wali Kota beserta jajarannya, atas pengahragaan yang luar biasa kita dapatkan ini," sebutnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ida Farida mengatakan, pemeriksaan laporan keuangan pemerintah derah (LKPD) merupakan tugas pokok BPK dalam pemeriksaan keuangan dan tanggung jawab negara.

"Pemerintah Kota Pangkalpinanh telah menyampaikan laporan keuangan pada tanggal Maret 2021 lalu, oleh karena itu pada hari ini kami menyampaikan laporan hasil pemeriksaan tersebut," sebut Ida.

Kata Ida, BPK memberikan Opini WTP untuk Pemerintah Kota Pangkalpinang atas suksesnya mengelola keuangan dengan baik. Hingga suksesnya mempertahankan pengahrgaan empat tahun berturut-turut.

"Kami mengucapkan selamat atas penghargaan Opini WTP yang sudah didapatkan oleh Kota Pangkalpinang dan penghargaan ini didapatkan emat kali berturut-turut, namun demikian BPK masih menemukan beberapa permasalahan yang harus diperbaiki kedepannya," katanya. (Bangkapos.com/Adv/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved