Breaking News:

Beragam Tandanya, Wajib Dipahami Ciri Tanaman Tidak Sehat

Sama halnya seperti manusia, tanaman juga akan memberikan sinyal jika mereka dalam keadaan tidak sehat.

Instagram/@plantastic_mr_fox
Tanaman hias fishbone cactus yang diprediksi bakal ngetren di tahun 2021. 

BANGKAPOS.COM - Sama halnya seperti manusia, tanaman juga akan memberikan sinyal jika mereka dalam keadaan tidak sehat.

Sinyal atau tanda-tanda tanaman tidak sehat beragam, mulai dari daunnya yang layu, kuning, kering, bahkan yang paling parah hingga mati.

Dilansir dari ABC Australia, Kamis (6/5/2021), sebenarnya tanda-tanda ini bisa Anda lihat dan segera atasi, misalnya jika daun tanaman terkulai ke bawah, Anda harus terlebih dahulu memeriksa seberapa kering tanahnya.

Anda dapat menempelkan jari ke tanah untuk mengujinya, jika tanahnya kering mengartikan tanaman membutuhkan air, namun jika masih basah, kemungkinan tanaman mengalami busuk akar yang merupakan infeksi jamur pada akar yang disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan.

Berikut ini beberapa tanda tanaman dalam keadaan tidak sehat.

1. Daun tanaman menguning dan rontok
Daun yang lebih tua mungkin menguning dan rontok sebagai bagian dari proses penuaan alami, tetapi jika itu terjadi terlalu banyak atau pada daun yang lebih muda, hal ini mengartikan jika tanaman sedang bermasalah.

Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak sinar matahari, jadi Anda bisa memindahkan tanaman di tempat yang lebih teduh. Daun menguning ini juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak atau kurang air.

2. Ujung atau tepi daun berwarna cokelat
Tanda kedua adalah ujung atau tepi daun menjadi berwarna cokelat. Jika Anda baru saja memupuk tanaman, ini bisa menjadi tanda Anda terlalu banyak mengaplikasikannya.

Penyebab lainnya adalah udara kering. Banyak tanaman dalam ruangan yang berasal dari hutan hujan, sehingga telah beradaptasi dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Tanpa suhu yang lembap atau sama dengan habitat aslinya, mereka bisa layu dan coklat, bahkan ketika akarnya memiliki kelembaban yang cukup.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved