Breaking News:

Wajib Dipahami, Ini 5 Kesalahan Saat Menyiram Tanaman

Selain memberikan berbagai perawatan, pemupukan, dan pemilihan media tanam, penyiraman air ke tanaman adalah proses penting dalam kegiatan berkebun.

Freepik/jcomp
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Selain memberikan berbagai perawatan, pemupukan, dan pemilihan media tanam, penyiraman air ke tanaman adalah proses penting dalam kegiatan berkebun.

Sayangnya, pada proses ini, masih banyak pekebun yang keliru menerapkannya. Meski tampak mudah dikerjakan, terdapat cara-cara yang harus diperhatikan setiap pekebun saat menyiram tanaman.

Sayangnya, cara-cara ini masih sering kali salah dilakukan.

Dikutip dari kanal YouTube Kebun Kumara, Kamis (6/5/2021), berikut ini lima kesalahan penyiraman tanaman yang umum dilakukan.

1. Menyiram pada Waktu yang Salah
Sebelumnya, harus kamu ketahui bahwa tanaman bertumbuh pada pagi hari. Jadi, saat ingin menyiram tanaman, baiknya dilakukan dua kali sehari sebelum pukul 08.00 dan setelah pukul 16.00.

Siramkan air ke tanaman secukupnya saja. Kamu bisa mengira-ngira seberapa banyak air yang diperlukan tanaman dengan melihatnya dari besar bibit dan wadahnya.

2. Menyiram Saat Tidak Dibutuhkan
Sebelum menyiram, kamu juga harus peka dengan kebutuhan tanaman tersebut, apakah tanaman butuh disiram atau tidak.

Cara mengetahuinya pun mudah. Kamu tinggal memasukan satu jarimu ke dalam pot untuk kamu lihat kelembapan tanah atau media tanamnya.

Apabila tanahnya kering, kamu bisa siramkan air ke tanaman tersebut. Seandainya tanahnya lembap, kamu tidak perlu menyiramnya lagi.

3. Menyamakan Kebutuhan Air pada Setiap Tanaman
Ingat, kebutuhan air setiap tanaman berbeda, baik dari jenis, ukuran, maupun wadah peletakkanya.

Halaman
12
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved