Breaking News:

Mutiara Ramadhan

Ramadhan Bulan Memakmurkan Masjid dan Dimakmurkan

Sesungguhnya orang-orang yang mampu memakmurkan masjid itu hanyalah orang yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir (Alqur'an Al Ahzab; ayat 18).

Editor: El Tjandring
ist
Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Bangka Belitung, H M Rasyid Ridho, S. Ag 

Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Bangka Belitung, H M Rasyid Ridho, S. Ag

BANGKAPOS.COM - Sesungguhnya orang-orang yang mampu memakmurkan masjid itu hanyalah orang yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir (Alqur'an Al Ahzab; ayat 18).

Alhamdulillah banyak masjid di Bangka Belitung yang sudah berdiri dengan megah, datangnya bulan ramadhan hampir semua masjid dan mushollah di penuhi oleh jemaah.

Keimanan umat meningkat, tadarus Alquran setiap malam, uang celengan kas masjid bertambah pasalnya umat islam pun berlomba bersedekah, kajian-kajian keislaman pun banyak dilakukan sehingga masjid betul-betul makmur walaupun babak akhir ramadhan terjadi penurunan jumlah jemaah akan tetapi makmurnya masjid tetap terasa selama bulan suci ini.

Datangnya bulan ramadhan memang mampu memakmurkan masjid baik dari banyaknya jemaah yang beribadah, pelayanan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid/pengurus masjid) dalam melayani para jemaahnya maupun kajian ilmu yang dibentuk.

Ternyata datangnya bulan ramadhan tidak saja mampu memakmurkan masjid tapi juga masjid mampu memakmurkan masyarakatnya.

DKM di seluruh daerah membentuk Panitia Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh. Semua masyarakat di seputaran masjid diinventarisir siapa-siapa masyarakat yang tergolong Aghniya (orang kaya) dan siapa-siapa masyarakat yang tergolong kurang mampu, mereka semua terdata dalam daftar penerima dan pemberi zakat dalam administrasi panitia.

Masyarakat yang kurang mampu akan mendapatkan hak sebagai mustahiq baik berupa uang maupun berupa beras. Para Aghniya (orang kaya) pada bulan yang penuh berkah ini pun berlomba menghitung dan mengeluarkan zakat hartanya karena mereka paham dalam hartanya ada hak orang lain yang harus dan wajib dikeluarkan dan dibersihkan..

Masjid sangat terasa makmur dan dimakmurkan, kemakmuran masjid ini akan berlangsung berjalan tentunya setelah ramadhan berlalu.

Dengan semangat Bakda ramadhan, DKM di masjid dan mushollah harus istiqomah berusaha dan berupaya menjadikan masjid itu makmur dan dimakmurkan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved