Breaking News:

Tips Pertolongan Pertama Jika Terpapar Sianida, Jangan Diberi Minum dan Dibuat Muntah

Sianida dapat masuk ke dalam tubuh melalui dua cara, yaitu melalui pernapasan dan yang kedua melalui kontak langsung, mulut atau fisik. Sebagai ...

Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
via health.grid.id
ILUSTRASI SIANIDA 

Tips Pertolongan Pertama Jika Terpapar Sianida, Jangan Diberi Minum dan Dibuat Muntah

BANGKAPOS.COM -- SERAMBINEWS.COM - Sianida merupakan senyawa kimia yang bersifat asam.

Diketahui serapan bahasa asing dari cyanide ini ditemukan oleh fisikawan Perancis bernama Gay-Lussac beberapa abad lalu.

Senyawa berbentuk gas tanpa warna ini sangat beracun dan dengan kadar yang tinggi memiliki posibilitas untuk membunuh manusia dengan cepat.

Sianida dapat masuk ke dalam tubuh melalui dua cara, yaitu melalui pernapasan dan yang kedua melalui kontak langsung, mulut atau fisik.

Sebagai racun, sianida dapat berasal dari beragam sumber seperti asap kebakaran atau dimasukkan ke dalam tubuh melalui bentuk serbuk atau pil.

Dilansir dari jabar.tribunnews.com, dalam artikel ilmiah yang ditulis oleh Dr. A.Jl. Attar berjudul “On The Feasibility of Poisoning with Cyanides and How To Prevent It,” disebutkan satu sendok teh sianida dapat membunuh hingga 12 laki-laki sekaligus.

Baca juga: China Kuasai Afrika, Bangun Pangkalan Militer setelah Kuasai Infrastruktur, Indonesia?

Sederhananya, sianida akan membuat perubahan sistem enzim yang membuat sistem tidak dapat berjalan sehingga energi dan oksigen gagal diproduksi.

Apa itu Sianida?

Menurut dr. Vicka Farah Diba, M. Sc., Sp. A, dalam postingan instagramnya @vickafarahdiba, sianida merupakan senyawa kimia yang sering dimanfaatkan untuk membasmi hama dan serangga sehingga masih mudah didapat.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved