Breaking News:

Persiapkan Program For International Student Assesment, Bangka BelitungLakukan Studi ke Yogyakarta

YOGYAKARTA - Dalam rangka persiapan Program For International Student Assesment (PISA) di Provinsi Kepulauan

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman bersama Kepala Dinas Pendidikan Babel, Muhammad Soleh 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dalam rangka persiapan Program For International Student Assesment (PISA) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung, Muhammad Soleh didampingi Sekretaris Dinas, Ervawi serta Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Babel, dan perwakilan Kepala SMA/SMK di Babel melakukan kunjungan Studi ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (7/6/2021) di Ruang Sasana Krida.

Gubernur Erzaldi dalam hal ini sangat mendukung persiapan PISA karena selaras dengan visi misinya dalam meningkatkan SDM yang unggul dan andal.

Guna mewujudkannya, orang nomor satu di Babel ingin seluruh pihak terkait dapat betul-betul mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. 

Menurutnya, ini merupakan peluang yang diberikan Pemerintah Pusat bagi Bangka Belitung, dan untuk itu dirinya ingin PISA betul-betul dapat dipersiapkan. Di Indonesia sendiri hanya dua daerah yang telah menerapkan PISA, yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan DKI Jakarta.

Bagaimana Meningkatkan Skor PISA?

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Yogyakarta, Didik Wardaya mengatakan bahwa, salah satu hal yang bisa menaikkan skor PISA adalah ketika seorang guru mampu menggunakan Teknologi Informasi (TI) dalam pembelajaran.

"Ini bisa menaikkan sebanyak 40 poin. Kami giat mendorong penggunaan teknologi informasi di sekolah-sekolah. Semoga Babel bisa melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk proses belajar mengajar," ujarnya.

Selain itu, pentingnya nilai budaya dalam pembelajaran. Bagaimana kekuatan budaya lama menjadi spirit bagi pendidikan termasuk dalam menjaga kelestarian bumi.

Untuk itu, dirinya menekankan pentingnya pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap kebijakan-kebijakan yang mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kualitas guru, meningkatkan kualitas kepemimpinan di sekolah, serta meningkatkan iklim belajar di sekolah. 

Dikatakan Didik, siswa yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam seminggu untuk membaca sebagai hiburan di waktu luang, capaian skor PISA nya lebih tinggi 50 poin. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved