Breaking News:

Cara Tepat Mengatasi Dua Jenis Bekas Jerawat yang Berbeda, Mulai dari Vitamin C hingga Retinoid

Bekas jerawat membandel seringkali dikarenakan salah dalam menanganinya, berikut dirangkum bahan-bahan yang harus dimasukan ke rangkaian skincaremu

Penulis: Magang4
Editor: Ardhina Trisila Sakti
freepik
Ilustrasi bekas jerawat 

BANGKAPOS.COM - Bekas jerawat terbagi menjadi dua jenis, yaitu post-inflammatory erythema (PIE) dan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). Perbedaan dua jenis bekas jerawat tersebut tergantung warna dan jenis muka. 

Jerawat terkadang meninggalkan bekas seperti bercak merah, merah muda, atau ungu setelahnya. Bintik-bintik membandel ini dikenal sebagai Post-Inflammatory Erythema (PIE).

Sedangkan PIH seringkali terjadi ketika kerusakan kulit menyebabkan produksi melanin yang berlebihan. Saat terjadi inflamasi, kulit akan mengalami stres dan merespon dengan memproduksi melanin. 

Melanin merupakan pigmen yang berperan memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata manusia. PIH lebih sering ditemukan pada pemilik kulit sedang hingga gelap, karena kulit gelap umumnya memiliki melanocytes (sel yang memproduksi melanin) berlebih.

PIH berbeda dari PIE dalam warna. PIH berwarna coklat, bukan merah, pink, atau ungu. PIH juga lebih membandel bertahan lama daripada PIE di kulit wajah.

Berikut rekomendasi bahan-bahan aktif yang dapat kamu masukkan dalam rangkaian skincare pagi dan malammu.

Post-Inflammatory Erythema (PIE).

Hidrokortison
Hidrokortison (storie.id)
  • Hidrokortison
    Hidrokortison adalah steroid yang mengurangi peradangan. Kadang-kadang digunakan bersama dengan obat lain untuk mengobati jerawat, tetapi harus digunakan dengan bimbingan dokter kulit, karena ada potensi risiko efek samping.
  • Vitamin C
    Peran vitamin C dalam PIE yang diinduksi jerawat belum dipelajari secara ekstensif. Namun, terbukti efektif dalam mengurangi eritema yang disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB).
Somethinc serum
Somethinc serum
(instagram/somethinc)
  • Niacinamide
    Niacinamide adalah bentuk vitamin B3. Ini mengurangi peradangan dan membantu kulit mempertahankan kelembapan. Niacinamide mungkin memiliki beberapa manfaat untuk PIE bila dioleskan. Ini juga dapat membantu mengurangi jerawat kistik.

Produk niacinamide yang dapat dicoba:

Avoskin Miraculous Refining Serum: Produk serum lokal ini mengandung niacinamide 2% yang aman digunakan untuk kulit jerawat

Whitelab Brigtening Serum Niacinamide 10% + Collagen: Mengandung niacinamide 10% + Collagen. Produk ini dipercaya bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan menghilangkan bekas jerawat

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved