Breaking News:

Berita Bangka Barat

Dapat Bantuan 3.000 Pohon Durian, Desa Belo Laut Bakal Jadi Sentra Durian Namlung

Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari rencana menjadikan Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok sebagai sentra durian jenis Namlung.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)
Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto saat membagikan 3000 tanaman durian Namlung di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (23/06/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto mengayunkan cangkul ke tanah di pekarangan rumah warga di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Rabu (23/6/2021).

Hasilnya, dari lima kali mengayunkan cangkul, sebuah lubang dengan ukuran sekitar 15 centimeter dan kedalaman 20 centimeter berhasil dia gali.  

Lubang hasil galian orang nomor satu di Polres Bangka Barat yang baru tujuh hari menjabat ini, kemudian ditanami dengan satu pohon bibit durian jenis Namlung.

Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari rencana menjadikan Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok sebagai sentra durian jenis Namlung.

Durian yang ditanam AKBP Agus Siswanto tersebut adalah salah satu dari 3.000 bibit durian jenis Namlung yang diserahkan Yayasan Tim Peduli Bangka Barat kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Belo Laut.

Durian Namlung yang dikenal memiliki daging buah yang tebal dengan cita rasa yang manis, dengan tekstur lembut disertai sedikit sensasi pahit yang menjadi ciri khas Namlung akan dibudidayakan oleh masyarakat Belo Laut melalui Pemdes Belo Laut.

AKBP Agus Siswanto mengatakan kegiatan digelar untuk memberdayakan perekonomian khususnya bagi masyarakat Belo Laut.

"Ini juga merupakan bantuan dari PT. Timah, bibit durian rasa madu untuk masyarakat Belo Laut. Harapannya bisa merasakan buah durian, kita sama-sama serahkan ke penduduk termasuk ke fase perawatannya nanti ada juga yang membantu," ujar AKBP Agus Siswanto.

Diketahui total terdapat 3000 bibit tanaman durian Namlung yang akan dibagikan, kepada setiap kepala keluarga untuk dapat ditanami di halaman rumah.

Sementara itu Kepala Desa Belo Laut, Ibnu mengatakan dengan adanya bantuan 3000 tanaman durian Namlung, dapat menambah perekonomian warga di sektor perkebunan.

"Durian ini kita lihat jangka panjang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, apalagi jenis durian Namlung. Mudah-mudahan bisa jadi sumber perekonomian baru, serta bisa dibayangkan kalau 3000 Namlung ini panen belo laut jadi sentra durian baru," ungkap Ibnu.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved