Breaking News:

Warga Tolak Kapal Isap

BREAKING NEWS: Tolak Tambang Laut, Warga Kuasai KIP CBL di Perairan Ini

Warga Aiarantu dan sejumlah warga dari kampung lain di Desa Deniang Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka naik ke Kapal Isap Produksi (KIP) CBL yang

Penulis: deddy_marjaya | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Warga Kuasai KIP CBL di Perairan Bedukang Riausilip. (Bangkapos.com/Deddy Marjaya) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Warga Aiarantu dan sejumlah warga dari kampung lain di Desa Deniang Kecamatan Riausilip Kabupaten Bangka naik ke Kapal Isap Produksi (KIP) Citra Bangka Lestari (CBL) yang parkir di Perairan Bedukang Desa Deniang. Warga meminta KIP tersebut angkat kaki dan tidak melakukan penambangan pasir timah di kawasan tersebut. Pasalnya, warga di kawasan ini mayoritas adalah nelayan, baik nelayan pancing, jaring maupun nelayan bagan.

"Kami akan tetap bertahan sebagian kawan-kawan tetap diatas kapal kami sebagian menunggu di pantai," kata seeorang nelayan di Pantai Airantu, Senin (12/7/2021).

Pantauan Bangkapos.com lebih100 nelayan berada di atas KIP BCL di Perairan Airantu, Perairan Bedukang. Puluhan lainnya berada di pingggir jalan. Warga yang melakukan aksi sebagian besar adalah nelayan dari sejumlah wilayah seperti Airantu, Bedukang, Deniang Matras dan wilayah lainnya. 

Aksi mendatangi KiP tersebut dipicu masih ditolaknya rencana penambangan pasir timah di kawasan perairan ini, namun KIP tetap masuk ke wilayah tersebut. Warga mencurigai KIP CBL akan memulai penambangan.

"Sejak awal kami menolak kalau pun ada yang setuju kami curigai bukan nelayan sini atau orang orang yang mencari keuntungan saja," nelayan yang minta namanya tidak disebutkan.

Warga memutuskan untuk bertahan sampai ada pejabat berwenang datang mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Kami akan terus bertahan sampai ada pejabat kesini mendengarkan aspirasi kami mau berapa hari kami tunggu," tambahnya.

Kabag Ops Polres Bangka, Kompol Ricky Dwi Raya Putra mengatakan, Jajaran Polres Bangka bersama Ditpolairud masih berada di lokasi.

"Warga masih berada diatas kapal masih dilakukan proses negosiasi," kata Kabag Ops Polres Bangka Kompol Ricky Dwi Raya Putra 

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan tampak memimpin langsung dan masih berada di lokasi.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved