Breaking News:

Andaliman Tembus Pasar Ekspor Hingga Rp 432 Juta, Bumbu Masak Khas Batak ini Digemari Warga Jerman

Andalliman yang biasa dijadikan bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai merica batak.

goodnewsfromindonesia.id
Andaliman 

Andaliman Tembus Pasar Ekspor Hingga Rp 432 Juta, Bumbu Masak Khas Batak ini Digemari Warga Jerman

BANGKAPOS.COM, MEDAN -- Bumbu masak khas Batak, andaliman kini dikabarkan mulai digemari warga Jerman.

Hal itu ditandai dengan berdasarkan catatan Balai Karantina Pertanian Belawan, andaliman masuk sebagai komoditi baru pada semester 1 tahun 2021 bersama dengan Sekam Kopi yang mulai bergeliat dalam produk ekspor.

Adapun untuk per Juni 2021, volume andaliman yang diekspor mencapai total 574 kilogram, dengan nilai ekonomis mencapai Rp 431.901.785 dengan tujuan ke Jerman.

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto mengungkapkan bahwa saat ini andaliman menjadi komoditi ekspor paling bagus.

Namun begitu, ternyata untuk mendongkrak hal tersebut, diharapkan andaliman tak lagi menjadi tumbuhan pekarangan, namun para petani sudah dapat melihat peluang besar untuk ekspor.

Andaliman
Andaliman (goodnewsfromindonesia.id)

"Ini ekspor kita yang paling bagus dari Sumut. Tapi kalau di Sumut ini masih sejenis tanaman pekarangan, belum dibudidayakan secara meluas," kata Andi, Rabu (14/7/2021).

Dia mengatakan, pihaknya sudah mencoba menyampaikan informasi ini pada petani. 

Agar kedepannya bisa menjadikan tanaman andaliman sebagai tanaman primer.

Terkait andaliman ini, Andi juga menargetkan bahwa komoditi yang dikirim dalam bentuk rempah ini akan mampu tumbuh tiga kali lipat pada akhir tahun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved