Breaking News:

Bisa Ditanam dari Stek, Ini Pilihan Jenis Tanaman dan Cara Menanamnya

Menanam tanaman dari stek adalah cara terbaik untuk mengisi taman dengan bunga yang rimbun, herbal, dan tanaman lain tanpa mengeluarkan biaya.

Editor: Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM - Menanam tanaman dari stek adalah cara terbaik untuk mengisi taman dengan bunga yang rimbun, herbal, dan tanaman lain tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli tanaman atau bibit baru.

Melansir dari laman The Spruce, Kamis (15/7/2021), stek tanaman dikelompokkan menjadi empat kategori dasar, yaitu kayu lunak, kayu hijau, kayu semi keras, dan kayu keras.

Nah, berikut ini ulasan mengenai keempat kategori tersebut, jenis tanaman, dan cara menanam tanaman dari stek.

1. Stek Potongan kayu lunak
Stek kayu lunak berasal dari pertumbuhan baru yang segar pada awal musim panas.

Ada beberapa tanaman dalam kategori potongan kayu lunak seperti bunga aster, krisan, hydrangea atau hortensia, mawar, dan salvia.

2. Potongan kayu hijau
Potongan kayu hijau atau disebut herbal berasal dari tanaman yang batangnya tidak berkayu.

Beberapa tanaman dalam kategori ini adalah bunga dahlia yang memiliki sekitar 30 spesies dan lebih dari 20 ribu kultivar serta bunga gardenia berwarna putih yang indah.

3. Kayu semi keras
Beberapa tanaman yang termasuk dalam kategori kayu semi keras seperti bunga azalea, camalia yang memiliki bunga besar dan cerah, serta honeysuckle yang merupakan semak hias populer.

4. Stek kayu keras
Stek kayu keras termasuk semak gugur, tanaman merambat, buah-buahan, dan pohon. Ada beberapa tanaman yang termasuk dalam kategori ini, salah satunya angel's trumpet.

Tanaman ini memiliki bunga putih berbentuk terompet yang tumbuh sebagai tanaman merambat. Selain itu, tanaman lainnya seperti anyelir, geranium, tanaman giok, lavender, penstemon, rosemary, juga veronica.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved